hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

3 Juli 2018, 18:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Ancol sudah lama dikenal sebagai kawasan wisata di Ibu Kota. Kamu bisa berenang, main pasir, menguji adrenalin di Dufan, hingga bertemu biota laut melalui akuarium di Seaworld. Satu hal lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah ikutan menyelam! Yup, kamu enggak salah baca, sekarang buat yang penasaran dengan dunia selam, bisa kenalan dulu dengan aktivitas Fun Dive yang ada di Seaworld.

Untuk mengikuti kegiatan ini, syaratnya umur kamu minimal sudah 18 tahun, tidak dalam proses terapi atau pengobatan tertentu dan bukan pecandu narkoba. Kalau sudah memenuhi semua syarat, bisa langsung daftar. Semua perlengkapan sudah disediakan pihak Seaworld, mulai dari baju selam hingga tabung oksigennya.

Persiapan diving oleh instruktur. (NET/Nugo)

Sebelum menyelam, ada instruktur yang akan membriefing para peserta Fun Dive. Oya, tiap sesi menyelam, maksimal hanya boleh 3 peserta. Ada satu instruktur yang akan mendampingi peserta selama sesi menyelam dengan durasi 45 menit. Nah, setelah sekitar 1 jam persiapan, saatnya bertemu penghuni laut di aquarium!

Ini pengalaman pertama kali saya menyelam, menyesuaikan gerak dan cara bernafas di bawah air, serta bertemu langsung dengan para penghuni samudera, benar-benar serasa masuk ke dunia lain. Ada ikan badut, penyu, lion fish, gurita, pari, belut laut, sampai hiu! Semua bersliweran di depan mata saya. Kagum sekaligus tegang saya rasakan saat berpapasan dan bertatapan langsung dengan hewan laut ini. Terutama yang karnivora seperti hiu. Benar-benar bikin deg-degan! Untungnya ada instruktur yang selalu menemani di dekat saya dan peserta lain.

Hewan laut yang biasanya saya lihat di aquarium, bersliweran di depan mata. (NET/Nugo)

Oya, aturan utama ketika Fun Dive ini adalah tidak boleh memegang biota laut apapun yang ada. Tujuan sudah pasti agar tidak merusak dan mengganggu mereka. Selama kita menyelam, selama itu pula kita menjadi tontonan para pengunjung di Seaworld. Saya jadi tahu kira-kira beginilah rasanya menjadi ikan yang tinggal di dalam aquarium ini. 45 menit berlalu tanpa terasa, saya benar-benar menikmati pengalaman dan petualangan ini. Seru banget!

Seru banget! (NET/Nugo)

“Aktivitas ini bikin senang karena kita kan susah ya kalau menyelam langsung di laut, nah ini memberi kita pilihan untuk melihat langsung habitat mereka”, ujar Jackson Chu, salah satu peserta Fun Dive yang menyelam bersama saya tadi.

Fun Dive hadir di sini sejak tahun 2015. Enggak sekedar mengajak pengunjung menikmati dunia bawah laut secara langsung, kegiatan ini juga mengusung misi kampanye konservasi. Makin kenal, jadi makin cinta dan nantinya akan ikut menjaga juga, kan?

Saya jadi tau rasanya menjadi ikan di aquarium. (NET/Nugo)

Kalau kamu mau mencoba Fun Dive, bisa dilakukan pukul 09.00-17.00 WIB. Biayanya Rp 500 ribu untuk peserta yang sudah punya lisensi selam. Sedangkan bagi yang belum punya lisensi, biayanya Rp 700 ribu per sesi.

AZ ZAHRA MASITH

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments