EDITOR : FIRZA ARIFIEN

28 Juni 2018, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Berbagai penemuan yang ada di dunia membawa kemajuan informasi dan pastinya membuat setiap orang kagum. Seperti penelitian di dunia fauna yang baru-baru ini terungkap dan menarik perhatian banyak orang karena keberadaannya yang masih langka. 

Melalui rekaman terbaru dari peneliti National Geographic, David Gruber dan timnya menemukan adanya hiu yang tak biasa. Hiu tersebut dapat bersinar warna hijau terang di dalam gelap laut di lepas pantai California Selatan, Amerika Serikat.

Penampakan hiu yang menyala dalam gelap. (MASHABLE)

Bagi orang awam yang terbiasa dengan hiu yang kulitnya tidak bersinar, mungkin akan mengejutkan. Namun dalam pengamatan Gruber, hiu ini adalah makhluk laut yang sudah lama ada, tapi baru terlihat sekarang.

Sinar yang dihasilkan oleh hiu ini diketahui berkat adanya proses yang dikenal sebagai biofluorescence. Pada dasarnya hiu ini menyerap cahaya biru dan memancarkan cahaya hijau. Para ilmuwan menduga bahwa perilaku semacam ini ada hubungannya dengan cara hiu untuk menarik pasangan.

Dalam penelitiannya, Gruber sempat terkendala akan gelapnya dasar laut. Apalagi biofluorescence tidak dapat beraksi jika dilihat dengan mata telanjang. Jadi, Gruber dan timnya mengembangkan alat yang benar-benar berfungsi sebagai mata hiu sehingga memungkinkan mereka untuk melihat apa yang ada di dalam air meski dalam kondisi super gelap. 

Penampakan hiu yang menyala dalam gelap. (MASHABLE)

Tetapi kamu tidak perlu menyelam jauh bersama National Geographic untuk melihat beberapa aksi biofluorescence dengan mata telanjang.

"Contoh melihat biofluorescence tanpa peralatan khusus adalah ketika menyelam di terumbu karang yang dalam dan menyaksikan karang atau ikan berwarna merah," ungkap David Gruber.

"Karena cahaya merah dari matahari hanya menembus beberapa meter ke dalam samudra. Jika kita melihat warna merah di kedalaman laut, sebenarnya hewan itu mengubah cahaya biru menjadi cahaya merah," jelasnya. 

Penampakan hiu yang menyala dalam gelap. (MASHABLE)

MASHABLE | NATIONAL GEOGRAPHIC

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments