hero
Kendaraan terjebak macet di Jalur Pantura Tegal, Jawa Tengah, Minggu, 17 Juni 2018. (ANTARA/Oky Lukmanasyah)

EDITOR : REZA ADITYA

18 Juni 2018, 17:30 WIB

INDONESIA

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik untuk kembali ke Jakarta sebelum atau sesudah tanggal 19 Juni 2018 (H+3) dan 20 Juni 2018 (H+4). Imbauan itu untuk meminimalisir kemacetan yang mengular di sejumlah ruas jalan.

"Saya menganjurkan agar pemudik yang akan kembali ke Jakrta tidak pada tanggal 19-20 Juni 2018," ujar Budi, dalam keterangannya, Senin, 18 Juni 2018. "Lakukan sebelumnya atau setelahnya."

Antrean panjang kendaraan mobil arus balik melintasi jalur tol fungsional Solo-Salatiga. (ANTARA/Aloysius Jarot)

 

BACA JUGA:
[FOTO] Kemacetan Arus Balik Lebaran

Menurut Budi, hasil riset institusinya pada tanggal 19-20 Juni 2018 merupakan puncak tertinggi arus balik ke Jakarta. Dia juga menyarankan kepada pemudik menggunakan jalur arteri atau jalanan nasiona nontol untuk menghindari kemacetan.

"Tol fungsional bisa digunakan untuk arus balik," ujar Budi. "Namun untuk balik ke Jakarta tidak harus menggunakan jalur jalan tol saja tetapi gunakanlah jalan arteri. Karena jalannya juga bagus."

Selain menghindari kepadatan, Menteri Budi juga mengatakan menambahkan jika melalui jalan arteri pemudik  bisa menikmati keindahan setiap kota yang dilewati.

Antrean kendaraan arus balik melintasi tol fungsional dari arah Solo-Salatiga di Kali Kenteng. (ANTARA/Aloysius Jarot)

 

"Pemudik yang akan balik ke Jakarta atau sebaliknya ke arah Semarang bisa menikmati kuliner ataupun berbelanja," ujar Budi. "Jadi punya pengalaman seperti melewati Pekalongan ada batik, Brebes ada telur asin, Tegal ada tahu aci, dan lain-lain."

Arus balik ke Jakarta diperkirakan dimulai pada hari  ini atau Senin, 18 Juni 2018. Budi mengingatkan agar pemudik mempersiapkan diri serta kondisi kendaraan dengan baik agar nyaman dan aman di perjalanan.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments