hero
Garuda Indonesia. (GARUDA INDONESIA)

EDITOR : REZA ADITYA

1 Juni 2018, 16:45 WIB

INDONESIA

Ribuan pilot yang tergabung dalam Asosiasi Pilot Garuda dan pegawai dalam Serikat Karyawan Garuda mengancam akan melakukan mogok kerja dalam waktu dekat. Mereka kesal dengan kebijakan korporasi pelat merah itu yang semakin terpuruk.

Ancaman mogok kerja itu ditanggapi serius oleh manajemen PT Garuda Indonesia. Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Hengki Heriandono berharap aksi mogok itu tidak terjadi. Apalagi, dalam waktu dekat ada arus mudik lebaran.

Pesawat Garuda Indonesia. (Garuda Indonesia)

 

 

"Kami sangat prihatin dan menyayangkan bila hal itu terjadi," kata Hengki, di kantornya, Jumat, 1 Juni 2018. "Terutama menghadapi peak season lebaran ini. Kami membutuhkan kerja sama solid."

Hengki mengatakan jika mogok kerja terjadi, arus mudik dan balik di lebaran tahun 2018 ini akan terganggu. Dia juga meminta kepada Asosiasi dan Serikat untuk diskusi dengan manajemen soal tuntutan mereka.

"Prinsipnya kami terus membuka ruang diskusi," ujar Hengki. "Kami ingin juga mendapatkan titik temu. Dialog harus dilakukan secara kondusif dengan kebersamaan. Demi operasional Garuda Indonesia."

Ilustrasi pilot dan kopilot Garuda Indonesia di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. (ANTARA)

 

Pemicu rencana mogok kerja pilot dan karyawan adalah karena mediasi dengan direksi Garuda Indonesia tidak mencapai titik temu. Karyawan meminta mediasi dengan direksi untuk membahas kerugian perusahaan hingga US$ 213,4 juta.

Kerugian perusahaan pelat merah itu menurut Ketua Umum Serikat Karyawan Garuda Indonesia Ahmad Irfan Nasution karena tiga permasalahan internal. Tiga masalah itu adalah operasional, keuangan, dan hubungan industrial.

Ahmad juga menganggap direksi Garuda Indonesia saat ini bukan diisi oleh orang-orang yang paham industri penerbangan. Asoasiasi dan Serikat meminta restrukturisasi direksi Garuda Indonesia.

DYNAR MANGGIASIH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments