hero
Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 disambut dengan upacara penyiraman air (water salute) saat melakukan pendaratan perdana, di Bandara Kertajati, Majalengka, Jabar, Kamis, 24 Mei 2018. (SETKAB)

EDITOR : REZA ADITYA

26 Mei 2018, 17:15 WIB

JAWA BARAT, INDONESIA

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan mulai Juni 2018, semua penerbangan internasional dari Bandara Husein Sastranegara Bandung akan dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Majalengka.

"Bandara Husein Sastranegara di Bandung akan tetap melayani domestik," ujar Budi seperti dilansir situs Sekretariat Kabinet yang NET.Z lihat pada Sabtu, 26 Mei 2018. 

Suasana bangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. (ANTARA/Agung Rajasa)

 

BACA JUGA:

Menurut Budi, rencana mengalihkan penerbangan internasional dari Husein ke Kertajati serta perjalanan haji sudah tinggal tahap finalisasi.  "Insya Allah angkutan haji akan terbang dari Kertajati. Embarkasinya Jakarta jadi dari Kertajati stop over."

Budi mengatakan Kertajati memiliki kapasitas hingga 5 juta penumpang per tahun. Pergerakan pesawat diprediksi mencapai 200 per harinya.

PT Angkara Pura II, kata Budi, akan membangun perpanjangan landasan pacu dalam tahun ini. Akhir tahun ini diprediksi akan selesai 3.000 meter. 

Foto aerial saat proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. (ANTARA/Raisan Al Farisi)

 

Pengoperasian final Kertajati dimulai pada 8 Juni 2018. "Tapi bisa maju juga pada akhir Mei 2018. Maskapai yang sudah tercatat ada tiga, di antaranya Citilink, Lion Air, dan Wings Air. Rutenya Surabaya, ada yang ke Denpasar juga."

Bandara Kertajati memiliki runway berukuran 2.500 x 60 meter. Tahun ini akan  diperpanjang  menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini bandara ini telah dapat didarati pesawat sejenis Boeing 777. 

Selain itu juga terdapat apron berukuran 576 x 151 meter persegi sehingga dapat menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar. Di sisi darat Bandara Kertajati dilengkapi terminal penumpang berukuran 96.280 meter persegi. 

 TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments