hero
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (SETKAB)

EDITOR : REZA ADITYA

23 Mei 2018, 15:10 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengatakan institusinya dibantu TNI telah menangkap 74 orang terduga teroris pascainsiden bom di Surabaya. 14 orang di antaranya meninggal dunia karena melawan pada saat ditangkap.

"Penangkapan antara lain di Jawa Timur 31 orang, Jawa Barat 8 orang, Banten 16 orang, kemudian di daerah Sumatera Selatan 4 orang, Riau 9 orang dan Sumatera Utara 6 orang," ujar Tito, di Kantor Presiden, Selasa, 22 Mei 2018.

Ilustrasi. (ANTARA)

 

BACA JUGA:

Menurut Tito, dari mereka yang ditamngkap itu terdapat barang bukti yang disita. Di antaranya adalah bom rakitan siap pakai, bahan peledak, baterai, switch dan sejenisnya. Mereka yang ditangkap diduga masih satu jaringan teroris.

Atas dasar pengungkapan itu, Tito mengatakan insititusinya bersama Badan Intelijen Negara, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, dan Kemenkopolhukam melaporkan hal tersebut ke Presiden Joko Widodo.

Presiden, kata Tito, memberikan arahan untuk menangani permasalahan ini lebih komprehensif.  Artinya selain upaya penegakan hukum kepada jaringan teroris, dilakukan juga  soft power terutama untuk membendung ideologi terorisme itu.

Ilustrasi Densus 88. (ANTARA)

 

"Saya sampaikan ideologi terorisme bukan ideologi agama tertentu," ujar Tito. Mantan Kapolda Metro Jaya itu juga mengatakan akan melibatkan stakeholder pemerintah dan masyarakat.

“Jadi penanganannya mulai dari masalah pencegahan yang melibatkan banyak pihak,” ujar Tito. Menurut Tito, aksi terorisme diibaratkan puncak gunung es, sementara akarnya adalah permasalahan lain yang sedang terjadi di negara ini.

"Pada prosesnya, untuk menuju aksi terorisme itu tidak terjadi begitu saja," ujar Tito. "Seperti dalam kasus Surabaya, itu prosesnya cukup panjang."

TIM LIPUTAN | SETKAB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments