hero
Artidjo Alkostar. (MAHKAMAH AGUNG)

EDITOR : REZA ADITYA

22 Mei 2018, 15:40 WIB

INDONESIA

Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung Artidjo Alkostar mengakhiri masa tugas di hari ulang tahunnya yang ke-70 hari ini, Selasa, 22 Mei 2018. Hakim agung yang sering memperberat hukuman koruptor itu pensiun.

"Iya, beliau sudah memasuki masa pensiun," ujar juru bicara Mahkamah Agung Suhadi. Massa pensiun Artidjo dikukuhkan pada 1 Juni 2018. Namun mulai hari ini, alumnus Universitas Islam Indonesia Yogyakarta itu sudah tak menangani perkara.

 Artidjo Alkostar. (NET)

 

Artidjo lahir di Situbondo, Jawa Timur, 22 Mei 1948. Berdasarkan Pasal 11 UU Mahkamah Agung, jabatan hakim agung diberhentikan dengan hormat oleh Presiden salah satunya karena telah berusia 70 tahun.

Hakim agung yang juga mantan aktivis LBH Yogyakarta itu telah mengabdi di Mahkamah Agung selama  18 tahun. Sepak terjangnya sebagai pengadil terkenal sadis, khususnya ketika memutus perkara koruptor.

Mantan Anggota Komisi X DPR Angelina Sondakh yang sebelumnya hanya divonis penjara 4 tahun 6 bulan di tingkat Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi, oleh Artidjo hukumannya diperberat menjadi 12 tahun penjara.

Artidjo Alkostar masa muda. (SATU INDONESIA NET)

 

Angelina juga diminta membayar uang denda Rp 500 juta dan duit pengganti Rp 12,58 miliar dalam kasus korupsi  pembahasan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Begitu juga dengan sejumlah nama koruptor lainnya seperti Sutan Bhatoegana (Almarhum), Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal, Mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Tommy Hindratmo, Anggodo Widjojo.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments