EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

5 April 2018, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Siapa yang enggak tahu dengan film Star Wars? Film fantasi yang satu ini memang terkenal banget di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Enggak heran kalau banyak banget bermunculan komunitas-komunitas pencinta film Star Wars. 

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh komunitas pencinta film Star Wars adalah melakukan cosplay karakter dalam filmnya. Karakter-karakter di film Star Wars memang ikonik dengan desain kostum yang keren-keren banget. Enggak heran kalau para penggemar Star Wars rela berdandan menggunakan kostum yang mirip tokoh idolnya.

Nah, di Indonesia, dari sekian banyak komunitas pencinta Star Wars, ada satu komunitas yang cukup terkenal karena kegiatan cosplay mereka. Nama komunitasnya adalah 501st Legion. Komunitas ini merupakan komunitas kostum Star Wars terbesar di Indonesia dan sudah mendapat pengakuan dari Lucasfilm, sebuah komunitas dari Amerika yang sudah ada sejak 1997. 

(MLD SPOT)

501st Legion yang terbentuk sejak 2011 ini mengkhususkan diri mereka sebagai komunitas kostum untuk karakter-karakter antagonis dalam film Star Wars. Sesuai dengan nama batalion yang dipimpin oleh Darth Vader, yakni 501st Legion. 

Nama awal komunitas ini adalah 501st Legion Indonesia Outpost, kemudian berganti menjadi 501st Legion Garuda Garrison Indonesia karena jumlah anggota komunitasnya yang semakin bertambah. 

Ternyata untuk bergabung menjadi anggota komunitas ini enggak mudah, loh! Karena sudah menjadi komunitas yang diakui oleh Lucasfilm, enggak sembarangan orang bisa masuk dalam komunitas ini. 

Soalnya kostum-kostum yang dimiliki oleh para anggota komunitas ini harus sesuai dengan standar yang diresmikan oleh Lucasfilm, yakni kostum dengan skala 1:1. Mulai dari ukuran hingga setiap detail dari kostum harus sama seperti di film. 

Sebelum diterima menjadi anggota, para calon anggota harus membuat kostum salah satu karakter jahat dalam Star Wars dengan skala 1:1. Hasil dari kostum yang sudah dibuat kemudian difoto detailnya, lalu foto dikirim ke 501st Legion pusat di Amerika.

(MLD SPOT)

Jika kostum yang dibuat sudah sesuai dengan kostum aslinya, maka kamu baru bisa diterima menjadi anggota. Anggota yang sudah bergabung juga akan mendapat nomor lisensi resmi. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu kostum tidak bisa dibilang murah. 

Untuk satu kostum, bisa menghabiskan biaya minimal Rp 20 juta. Meskipun begitu, ketika sudah resmi menjadi anggota 501st Legion yang diakui oleh Lucasfilm, kamu bisa dapat banyak keuntungan yang jadi impian semua penggemar Star Wars. 

Mulai dari diundang ke Red Carpet saat premier film Star Wars, mendapat discount untuk merchandise, hingga diundang ke event-event yang dibuat oleh film Star Wars, Lucasfilm, atau Walt Disney. 

Sebagai komunitas yang cukup besar, 501st Legion di seluruh dunia memiliki kode etik yang melarang setiap anggotanya untuk menggunakan komunitas untuk kepentingan komersil dan pribadi. Kalau ketahuan melanggar, pihak 501st Legion pusat bisa menghentikan dan membubarkan seluruh kegiatan komunitas 501st Legion di negara itu. 

Untuk komunitas 501st Legion di Indonesia, selain melakukan kegiatan cosplay mereka juga melakukan kegiatan-kegiatan lain bertema sosial untuk membantu sesama. 

For more inspiring story, kamu bisa mengunjungi www.mldspot.com.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments