hero
(NET)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Maret 2018, 11:30 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Pengelola Kebun Binatang Bandung akan mencari pengunjung yang memberikan rokok kepada orang utan. Staf hubungan masyarakat Kebun Binatang Bandung Aan Zulhan mengatakan pengunjung itu telah melanggar aturan perlindungan satwa.

"Kami sesalkan pengunjung yang seharusnya menjaga satwa, duta perwakilan yang ada di hutan dan terancam punah malah meracuninya," kata Aan, di kantornya, Rabu, 7 Maret 2018.

Orang utan yang diberikan rokok oleh pengunjung Kebun Binatang Bandung. (NET/Iqwan)

 

Aan mengatakan akan melaporkan kasus tersebut kepada kepolisian setempat. Insiden pemberian rokok itu, kata Aan,mengganggu kesehatan satwa yang dilindungi.

Sebelumnya, beredar sebuah video yang merekam momen pengunjung Kebun Binatang Bandung melempar rokok ke kandang orang utan. Setelah dilempar rokok, orang utan itu mengambil puntung dan menghisapnya.

Video itu direkam oleh seorang pemerhati satwa Marsison Guciano pada Ahad, 4 Maret 2018 kemarin. Video berdurasi satu menit itu kemudian menjadi viral. Warganet mengutuk pengunjung yang memberikan rokok kepada hewan primata.

Larangan memberikan makanan dan rokok di kandang orang utan Kebun Binatang Bandung. (NET/Iqwan)

 

Kasus pengunjung kebun binatang yang memberikan rokok ke orang utan tak hanya terjadi saat ini. Tahun 2012, seekor orang utan bernama Tori yang diasuh di Kebun Binatang Taru Jurug Solo juga sering diberikan rokok oleh pengunjung.

Akibatnya, Tori memiliki kebiasaan merokok dan harus direhabilitasi oleh pengelola kebun binatang. Proses rehabilitasi orang utan yang kecanduan merokok tidaklah mudah. Primata itu bahkan sampai harus diasingkan ke sebuah pulau.

IQWAN SABBA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments