hero
Orang utan yang diberikan rokok oleh pengunjung Kebun Binatang Bandung. (NET/Istimewa)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Maret 2018, 17:00 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung Komisaris Besar Hendro Pandowo mengatakan institusinya akan mencari pengunjung Kebun Binatang Bandung yang memberikan rokok kepada orang utan. Pengunjung itu bisa dijerat pidana.

"(Pengelola) akan mengundang rapat kepada kami untuk menentukan tindak lanjutnya," kata Hendro, di kantornya, Rabu, 7 Maret 2018. "Kami akan dalami. Hasilnya besok akan kami sampaikan."

Pengunjung yang melempar rokok ke kandan orang utan di Kebun Binatang Bandung. (NET)

 

BACA JUGA:

Hendro mengatakan pengunjung bisa dijerat pidana Pasal 302 KUHP. Isi beleid itu adalah hukuman bagi penganiayaan ringan terhadap hewan. Memberi rokok kepada orang utan masuk dalam kategori merugikan kesehatan satwa.

"KUHP tentang penganiayaan terhadap binatang akan dikenakan tindak pidana ringan," ujar Hendro. Ancaman hukuman pada pasal itu adalah penjara paling lama tiga bulan dan denda maksimal Rp 4.500.

Hendro berkaca dari kasus pemberian minuman keras terhadap satwa di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu silam. Pelaku dijerat dengan pasal yang sama.

Orang utan yang diberikan rokok oleh pengunjung Kebun Binatang Bandung. (NET/Iqwan)

 

Agar kasus serupa tak terulang, Hendro mengimbau kepada seluruh pengunjung taman margasatwa untuk berlaku bijak. "Pengelola dan pengunjung untuk merawat, tapi jangan melakukan hal tidak terpuji."

Sebelumnya, warganet dihebohkan dengan video pengunjung yang melempar puntung rokok ke kandang orang utan di Kebun Binatang Bandung. Peristiwa itu terjadi pada Ahad, 4 Maret 2018 kemarin.

Puntung rokok yang dilempar pengunjung itu diambil orang utan dan dihisap. Sontak perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab itu membuat geram publik.

ANGGI PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments