hero
Gabriel Garcia Marquez (AL JAZEERA)

EDITOR : REZA ADITYA

6 Maret 2018, 10:40 WIB

KOLOMBIA

Halaman muka Google hari ini, Selasa, 6 Maret 2018 dihiasi doodle berwarna-warni. Di sebelah kirinya, tampak sketsa pria berkumis dengan imaji berbagai warna kehidupan.

Apa maksud Google menggunakan doodle itu? Ternyata, jika diklik, mesin pencarian paling ngetop itu sedang merayakan hari jadi penulis asal  Kolombia, Gabriel Garcia Marquez.

Siapakan Marquez sampai Google merayakan hari jadinya itu? Marquez adalah penulis yang telah menelurkan puluhan karya sastra, baik itu novel maupun cerita pendek, novelet, dan kumpulan cerita.

Google doodle Gabriel Garcia Marquez.

 

Karya-karyanya dikenal bergaya realisme magis. Ada beberapa karyanya yang sangat populer dan melambungkan nama Marquez sampai ke dunia internasional.

Salah duanya adalah Seratus Tahun Kesunyian dan Love In The Time of Cholera. Seratus Tahun Kesunyian mengisahkan tentang kehidupan di sebuah desa di Amerika Selatan yang terasing.

Di desa itu, digambarkan bagaimana masyarakatnya menilai sebuah kejadian aneh namun dianggap biasa. Marquez menulis Novel itu berdasarkan kisah masa kecilnya.

Gabriel Garcia Marquez. (FLICKR)

 

Love in The Time of Cholera mengisahkan penantian seseorang akan cinta sejatinya selama 51 tahun. Dikisahkan dalam novel itu, situasi saat itu sedang terjadi wabah kolera di Kolombia.

Marquez lahir di Aracataca, Kolombia, 6 Maret 1927. Pada tahun 1982, dia mendapat penghargaan Nobel Sastra. Sayangnya, pada tahun 1999, teman baik Fidel Castro itu divonis mengidap kanker kelenjar getah bening.

Mantan jurnalis untuk Harian Bogota dan El Espectador itu menghembuskan nafas terakhirnya di usia 87 tahun pada 17 April 2014.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments