Mau tahu di mana spot terbaik menikmati keindahan Danau Toba, Sumatera Utara? Taman Wisata Sipinsur di Kabupaten Humbang Hasundutan lah jawabannya. Dataran tinggi milik Pemda ini menyajikan panorama Danau Toba yang membentang luas. Dari ketinggian sekitar 1.213 meter di atas permukaan laut.

Namun, enggak cuma berkeliling di sekitar area taman, wisatawan bisa melipir ke perkebunan kopi. Dan bisa sambil mencuri ilmu tentang salah satu komoditas kekayaan alam di Sumatera Utara ini.

Wisatawan berkesempatan untuk turun langsung ke area kebun kopi. Didampingi pemandu yang memperkenalkan jenis-jenis kopi, riwayat, dan asal-usulnya, serta proses penyajiannya.

Salah satunya, Kopi Lintong berjenis Arabika. Merupakan jenis kopi yang tumbuh di dataran tinggi Danau Toba. Cita rasanya sangat dipengaruhi kondisi kultur tanah bekas letusan Gunung Toba, ratusan ribu tahun silam.

Sambil berkeliling dan belajar tentang kopi, wisatawan juga bisa memanen langsung biji kopi yang siap petik yang warnanya kemerahan. Wisata kebun kopi ini enggak haya diminati para wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan dari luar Pulau Sumatera. Terutama para pecinta minuman kopi.

"Saya sangat suka kopi, tapi enggak bisa membedakan jenis-jenis kopi. Beda kopi aceh gayo, bandung, dan toraja itu semua berbeda. Di sini saya bisa sambil belajar," cerita Diana Sidabutar, salah satu wisatawan asal Jakarta.

Lelah menelusuri kebun kopi, wisatawan akan disuguhi secangkir kopi panas. Dan bisa bersantai menikmati pemandangan Danau Toba serta sejuknya angin sepoi-sepoi di ketinggian.

 

IRWANSYAH PUTRA NASUTION 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments