hero
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau Pintu Air Manggarai di Jakarta Pusat, Senin, 5 Februari 2018. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

6 Februari 2018, 14:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sibuk menghadapi banjir yang melanda ibu kota. Anies mengklaim terus memantau informasi soal banjir yang masih menggenangi beberapa titik di DKI.

"Tapi Alhamdulillah, puncaknya (banjir) sudah lewat," kata Anies, di kantornya, Selasa, 6 Februari 2018. "Sekarang kami memastikan proses penyurutannya berjalan baik."

Banjir yang masih mengepung Bidara Cina, Selasa, 6 Februari 2018. (NET)

 

BACA JUGA:

Anies mengatakan ada 140 rukun tetangga, dan 48 rukun warga yang terimbas banjir. Jumlah pengungsi akibat musibah luapan air itu mencapai 6.532 jiwa. "Semuanya ada di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan," ujar dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan langkah yang harus dilakukan dalam waktu dekat adalah memenuhi seluruh kebutuhan bagi para pengungsi. "Menyangkut tempat pengungsi, selimut alas tidur terpenuhi."

Potret pengungsi banjir di rumah susun Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa, 6 Februari 2018. (NET/Farabi)

 

Dia juga akan mempercepat surutnya air dengan mengggunakan pompa mobile.  "Pertama saat ini monitor terus, sesudah lewat masa krisis, kami akan evaluasi apa yang terjadi," ujar Anies. "Sekarang ini prioritas memastikan pengungsi dapat bantuan."

Kemarin, sejumlah wilayah di Jakarta tergenang banjir.  Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta mencatat ada sejumlah daerah yang tertutup air.

Di antaranya adalah Kampung Melayu, Cawang, Bidara Cina, Rawajati, Kebon Baru, dan Manggarai. Hingga saat ini, beberapa daerah mulai surut, namun diprediksi banjir akan kembali melanda ibu kota sehubungan tingginya curah hujan.

CHELZEA VERHOEVEN

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments