hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

1 Februari 2018, 16:45 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menunggu keterangan resmi Komisi Pemberantasan Korupsi terkait Gubernur Jambi Zumi Zola. Tjahjo belum dapat memutuskan status Zumi Zola yang diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus suap pengesahan RAPBD Jambi.

"Terkait berita (status) tersangka KPK kepada kepala daerah, apakah itu gubernur, walikota dan bupati, prinsipnya saya menunggu keputusan resminya dulu oleh KPK," kata Tjahjo di Istana Negara, Kamis, 1 Februari 2018.

"Apapun asas praduga tidak bersalah harus tetap dikedepankan," sambung dia.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 1 Februari 2018. (NET/Bambang Adhi)

KPK mengaku dalam beberapa hari ke depan akan mengumumkan status hukum Zumi. "Biasanya kalau ada masalah kepala daerah, kami mendapatkan surat. Sampai saat ini belum ada," ujar Tjahjo.

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM telah mencegah Zumi Zola bepergian ke luar negeri hingga 6 bulan ke depan. Pencegahan itu diminta oleh KPK. Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno mengatakan, pihaknya menerima SK KPK tentang pencegahan pada 25 Januari 2018 lalu.

"Praktis pada tanggal ketika surat diterima, paspor atas nama Bapak Zumi zola tidak bisa menggunakan haknya untuk keluar negeri," kata Agung di kantornya.

Zumi Zola menunggu untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018 lalu. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mengatakan, tidak mengetahui keberadaan Gubernur Zumi sepekan belakangan. Menurut Dianto, seluruh kegiatan gubernur diwakilkan kepada Wakil Gubernur Fachrori Umar.

"Saya sendiri ditanya pak gubernur kemana nanti bisa melalui ajudan, karena kondisi saya saat ini tidak tahu pak gubernur di mana,” pungkas dia.

BACA JUGA:
Rumahnya Digeledah KPK, Benarkah Zumi Zola Jadi Tersangka?

Petugas KPK saat menggeledah rumah dinas Gubernur Jambi Zumi Zola, Rabu kemarin. (NET/Bima Pratama)

Sebelumnya KPK menggeledah rumah dinas Zumi Zola, Rabu kemarin. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, penggeledahan itu menandai akan ada tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2018.

"Pokoknya ada perkembangan yang signifikan," kata Saut di kantornya, Rabu, 31 Januari 2018. "Untuk kemudian itu akan kami umumkan beberapa hari ke depan," pungkasnya.

YUSUF REZA | BIMA PRATAMA | SIGIT WICAKSONO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments