hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

31 Januari 2018, 18:10 WIB

PALANGKA RAYA, INDONESIA

Polisi Daerah Kalimantan Tengah menangkap dua orang pelaku pembunuhan orangutan yang jasadnya ditemukan mengambang di Sungai Barito, pertengahan Januari 2018 lalu. T, 41 tahun, dan M, 32 tahun, nekat menghabisi nyawa orangutan itu karena masuk ke kebunnya.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalteng Kombes Agung Prasetyo mengatakan, pembunuhan orangutan itu terjadi Jumat, 29 Desember 2017 silam. 

Dua pelaku pembunuh orangutan yang ditemukan tewas mengambang tanpa kepala di Palangka Raya. (NET/Topan Setiawan)

Pengakuan pelaku, lanjut Agung, orangutan malang awalnya masuk ke kebun tersangka. Tanpa pikir panjang, tersangka T mengambil senapan angin dan langsung menembak orangutan itu.

"Orangutan turun dari atas pohon, mendekat (ke kebun) dan tersangka T menembak," kata Agung di Mapolda Kalteng, Rabu, 31 Januari 2018.

Tak tanggung-tanggung, T mengeluarkan tembakan sebanyak 17 kali. Sebanyak 14 peluru ditemukan bersarang di bagian perut, 2 di punggung dan satu peluru di paha kiri. "Pelurunya sampai hampir habis," sambung Agung.

Senapan dan parang yang digunakan pelaku saat membunuh orangutan. (NET/P

Orangutan sempat melawan dan makin beringas. T kemudian meminta bantuan M untuk mengatasi orangutan.

"Karena ada kesempatan maju, M dari belakang tebas pakai ini (parang)," tambah Agung. Tebasan M membuat kepala orangutan itu lepas dari badannya.
 
Setelah memastikan orangutan itu tak bernyawa, kedua pelaku kemudian melempar jasadnya ke sungai. Bangkai orangutan ditemukan warga 15 Januari 2018. Sementara kepala orangutan dikubur di areal kebun.

Polisi memperlihatkan tengkorak kepala orangutan. (NET/Topan Setiawan)

BACA JUGA:
Polisi Buru Pembunuh Orang Utan Tanpa Kepala di Kalteng

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam. Keduanya terancam hukuman lima tahun penjara.

TOPAN SETIAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments