hero
Penemuan bangkai orang tuan tanpa kepala di Sungai Barito, Senin, 15 Januari 2018. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

20 Januari 2018, 15:20 WIB

KALIMANTAN TENGAH, INDONESIA

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Brigadir Jenderal Anang Revandoko mengerahkan pasukannya memburu pembunuh orang utan tanpa kepala. Menurut Anang, pelaku yang menghabisi nyawa primata dilindungi itu sadis.

"Kami membantu Polres Barito Selatan, doakanlah kami menangani secara maksimal," kata Anang, di kantornya, Sabtu, 20 Januari 2018. Kemarin di Kapuas juga kami tangani secara maksimal."

Orang utan tanpa kepala di Sungai Barito. (NET)

 

Anang mengatakan sejauh ini lembaganya telah memeriksa enam saksi. "Kemudian saksi yang menemukan (bangkai orang utan) itu. Insya Allah penyelidikan akan lebih terang lagi."

Alumnus Akademi Kepolisian angkatan tahun 1988 itu optimistis pembunuh orang utan secara sadis bisa diketahui. Dia berkaca dari kasus pembantaian orang utan pada tahun 2017. 

Pada saat itu, sekelompok pekerja di salah satu perkebunan sawit di Desa Tumbang Paroh, Kecamatan Sei Hanyo, Kabupaten Kapuas membantai dan memasak daging orang utan. Polisi tak butuh waktu lama untuk mengungkap insiator pembunuhan itu.

Petugas melakukan autopsi di jenazah orang  utan. (NET)

 

Kasus terbaru dan menghebohkan terjadi pada Senin, 15 Januari 2018. Pada saat itu warga di Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menemukan orang utan tanpa kepala mengapung di Sungai Barito.

Warga kemudian menghubungi aparat kepolisian setempat. Aparat beserta lembaga pemerhati satwa di Kalimantan bersama-sama melakukan autopsi.

Hasilnya, jenis kelamin orang utan yang tewas itu jantan. Di bagian leher, ada luka yang diduga hasil tebasan benda tajam sehingga kepalanya putus.

Selain itu, hasil autopsi juga menemukan 17 lubang peluru di bagian paha kiri, punggung, dan 14 peluru di bagian depan. Beberapa organ seperti lambung dan tulang rusuk primata itu hancur.

TOPAN SETIAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments