Kementerian Keuangan Singapura (MOF) memiliki cara unik dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Mereka menggandeng 50 selebgram untuk menyosialisasikan proses anggaran negara tahun 2018.

Cara ini dijalankan sejak Desember tahun lalu, melalui akun pribadinya para selebgram membagikan cerita tentang bagaimana sebuah anggaran negara ditetapkan pemerintah dan sampai ke tangan masyarakat. 

Hingga saat ini sudah ada 30 unggahan yang dibikin selebgram. Umumnya mereka membuat konten sendiri atau membagikan konten yang sebelumnya sudah ada di website kementerian.

Setiap selebgram yang terlibat memiliki jumlah pengikut beragam mulai dari 1300 hingga 35 ribu. Berbeda dengan konten pribadi, konten mengenai angaran yang mereka unggah berlabel 'sponsored'.

Juru Bicara MOF mengatakan, kampanye digital ini menyasar 225 ribu penguna Instagram dari kalangan muda. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci berapa biaya yang dikeluarkan untuk merekrut selebgram-selebgram tersebut. 

"Yang pasti sesuai dengan harga pasaran," ungkap Juru Bicara MOF kepada Strait Times, Rabu (17/01).

MOF tidak sendiri menjalankan kampanye digital ini. Mereka menggandeng vendor bernama StarNgage. Seluruh pekerjaan teknis dan strategi digital dilakukan pihak StarNgage.

Kendati hampir berjalan satu bulan, belum jelas terlihat apakah kampanye ini berhasil atau tidak. Umumnya, konten-konten yang diunggah meraih 'like' tinggi namun menuai sedikit komentar. Rata-rata komentar di satu konten hanya tidak lebih dari 20.

Pengamat media sosial Singapore University of Social Sciences Dr Brian Lee menganggap cara yang dilakukan MOF cerdas. Namun ia mengkritisi bagaimana cara media sosial bekerja. 

"Kampanye ini menjangkau banyak orang, namun  belum tentu memberi pemahaman yang bisa mengubah sikap masyarakat. Meski demikian ini merupakan permulaan yang baik oleh pemerintah," ujar Dr Brian Lee.

STRAIT TIMES | ASIA ONE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments