hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

12 Januari 2018, 12:05 WIB

CINA

Belum lama ini, artis K-pop Jonghyun, meninggal karena bunuh diri. Selain dia, ada banyak orang depresi yang kemudian memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Hal itu jadi perhatian seorang pria Cina bernama Chen Si yang rutin berpatroli di Jembatan Sungai Yangtze, bagian provinsi Nanjing, Cina untuk menolong orang-orang yang berniat bunuh diri.

Jembatan ikonik ini memang salah satu spot yang dipilih banyak orang untuk bunuh diri. Bentuk sungai yang lebar, besar dan dilalui banyak kendaraan membuat orang-orang dengan mudah mengakhiri hidupnya di sini.

Chen yang prihatin kemudian memutuskan untuk patroli di Jembatan Yangtze setiap Minggu pagi. Aktivitas ini sudah dia lakukan sejak 2004 lalu atas inisiatif pribadinya. Enggak jarang Chen harus mempertaruhkan nyawanya sendiri demi menolong orang lain.

“Biasanya mereka sudah menaiki pagar jembatan. Terkadang saya harus memegang mereka yang sudah melompat, jadi kami bergantungan di sisi jembatan,” cerita Chen tentang pengalamannya mencegah orang terjun dari jembatan.

(GQ)

Pengalaman menemui orang depresi membuat Chen bisa mengenali tanda-tanda orang yang berniat bunuh diri. Biasanya mereka akan berdiri sendiri di sisi jembatan, melihat sungai dengan tatapan kosong, berjalan tanpa semangat, tidak tersenyum dengan cara bicara tidak jelas.

Saat melihat orang yang seperti itu, Chen akan mengajak mereka bicara. Jika kondisi sudah tenang, enggak jarang Chen mengajak orang tersebut untuk minum teh yang dia bawa. Pria yang berprofesi sebagai penjual billboard ini juga membawa pamflet berisi nomor teleponnya.

Jadi, siapapun yang merasa depresi dan terpikir untuk bunuh diri dapat langsung menghubunginya. Dia menawarkan diri menjadi teman ngobrol bagi orang tersebut agar bisa mengurangi beban pikiran dan terhindar dari bunuh diri.

(LADbible)

Lewat berbagai inisiatifnya, Chen dijuluki ‘malaikat Jembatan Sungai Yangtze’. Sampai sekarang, pria 30 tahun ini sudah mencegah sekitar 330 orang dari niatan bunuh diri. Tapi dia juga pernah melihat kematian lima orang yang terjatuh ke sungai karena terlepas dari pegangannya.

Sebenarnya selama ini kepolisian Cina juga sudah berpatroli di sekitar jembatan untuk mencegah orang-orang bunuh diri. Tapi bentuk jembatan yang panjang membuat kepolisian Cina kewalahan. Kehadiran Chen Si dinilai sangat membantu.

Sekarang Chen juga tidak sendirian. Ia terkadang dibantu relawan seperti mahasiswa ataupun masyarakat umum yang ikut prihatin dengan fenomena bunuh diri ini. Meski tidak bisa bisa mengatasi seluruh permasalahan bunuh diri di negaranya, Chen ingin orang-orang lebih mencintai dan menghargai hidup mereka.

LADBIBLE | NYTIMES

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments