hero
Fredrich Yunadi. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Januari 2018, 14:50 WIB

INDONESIA

Bekas pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, menolak diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi. Melalui kuasa hukumnya, Sapriyanto Refa, Fredrich mengajukan surat penangguhan pemeriksaan ke Komisi hari ini.

"Besok dipanggil untuk hadir (pemeriksaan) sebagai tersangka, kami minta penundaan," kata Refa, di Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018. "Kami melihat ada juga indikasi pelanggaran etik."

Fredrich Yunandi menunjukkan foto Setya Novanto yang sedang dirawat di RS Medika Permata Hijau, Jakarta, Kamis, 16, November 2017. (ANTARA)

 

BACA JUGA:
Fredrich Yunadi Jadi Tersangka
Manipulasi Data Medis Novanto, Dokter Bimanesh Jadi Tersangka KPK
Bekas Pengacara Setya Novanto Dibidik KPK

Menurut Refa, kliennya itu terlebih dahulu akan disidang secara etik melalui Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). "Kami tetap menunggu mereka datang ke KPK untuk dilakukan proses pemeriksaan," ujar Refa.

Refa mengatakan selama menangani kasus Setya Novanto, Peradi memantau Fredrich. Hal yang dipantau adalah menyoal gaya pengacara kondang itu menangani sebuah perkara.

Menanggapi permintaan kuasa hukum Fredrich, Komisi Pemberantasan Korupsi tak bergidik. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan lembaganya tetap menjadwalkan mantan pengacara Novanto itu hadir dalam pemeriksaan besok.

Fredrich Yunandi memasuki ruang perawatan Setya Novanto di RS Medika Permata Hijau, Jakarta, Kamis, 16 November 2017. (ANTARA).

"Kami hargai proses pemeriksaan kode etik, kalau di Peradi mau melakukan," ujar Febri. "Tapi tentu proses hukum berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah kami tentukan."

Febri mengatakan Fredrich diduga menghalangi Komisi dalam penyidikan Setya Novanto untuk kasus korupsi megaproyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Salah satu yang paling disoroti adalah ihwal kecelakaan Novanti di Permata Hijau.

"Sebelum kecelakaan, kami sudah mendapat informasi ada pemesanan booking satu lantai untuk VIP," ujar Febri. "Meskipun tidak semuanya bisa didapat. Fredrich diduga bahkan sudah datang ke rumah sakit untuk koordinasi."

 WILI AZHARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments