hero
Joshua Suherman (kiri) dan Ge Pamungkas (kanan) saat membawakan materi pelawak tunggal. (YouTube)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Januari 2018, 10:25 WIB

INDONESIA

Komika Joshua Suherman dan Genrifinadi Pamungkas atau dikenal Ge Pamungkas dituding melakukan tindak pidana penodaan agama terkait materi lawakannya. Pihak yang melaporkan adalah Forum Umat Islam Bersatu (FUIB).

Ketua FUIB Rahmat Himran menganggap materi pelawak tunggal itu berpotensi memunculkan isu SARA. Joshua dilaporkan ke Bareskrim Polri pada 9 Januari 2018. Sedangkan, Ge, berkas pelaporannya masih disusun tim hukum FUIB.

BACA JUGA:
Ini yang Dibanggakan Ge Pamungkas dari Kekasihnya, Angie Ang

Joshua Suherman. (NET)

Lantaran dituding menghina salah satu agama dalam materi lawakannya, kedua komika itu kemudian sowan ke Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor (LBH GP Ansor), organisasi masyarakat yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama.

Mereka berkunjung secara diam-diam pada Senin kemarin setelah dihujat habis-habisan di media sosial atas lawakannya. Direktur Advokasi dan Litigasi LBH GP Ansor Achmad Budi Prayoga mengatakan komika itu mengaku resah.

"Karena mereka terancam, apalagi misalnya Joshua, dia pernah menerima SMS ancaman," kata Achmad, di kantornya, Rabu, 10 Januari 2018. "Mereka menerima bentuk persekusi di antaranya fitnah, tuduhan penghakiman terkait materi komik."

Ge Pamungkas. (NET)

 

Achmad menyarankan Joshua dan Ge tidak terbeban atas masalah yang menjerat mereka. Menurut dia, materi kedua komik itu setelah disaksikan tidak mengandung unsur penodaan agama.

"Dari Ansor setelah kami melihat materi dari komikmereka itu sebenarnya tidak ada hal yang menyinggung agama," ujar Achmad. "Itu memang murni kreativitas anak muda, itu saja."

Materi pelawak tunggal Joshua dipermasalahkan saat mantan penyanyi cilik itu membandingkan personel Cherrybelle, Annisa dan Sherly. Joshua menganggap Annisa lebih ngetop ketimbang Sherly karena agamanya.

Untuk materi Ge, yang dipermasalahkan adalah perbandingan zaman gubernur terdahulu yang dianggap azab. Sedangkan di era Gubernur DKI saat ini, banjir dianggap oleh netizen cobaan dari Tuhan. 

ANAN SURYA | FERGY MAGE

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments