hero
Presiden AS Donald Trump di Tembok Ratapan. (JPOST)

EDITOR : REZA ADITYA

28 Desember 2017, 10:00 WIB

ISRAEL

Pemerintah Israel akan melanjutkan rencana pembangunan sebuah stasiun kereta cepat yang menghubungkan Tel Aviv-Jerusalem. Stasiun itu terletak di dekat Tembok Ratapan, Jerusalem,  dan diberi nama Stasiun Donald John Trump.

Menteri Transportasi Israel Yisrael Katz mengatakan pemberian nama Donald Trump di stasiun itu sebagai ucapan terima kasih kepada Presiden Amerika Serikat atas pengakuan Jerusalem sebagai ibu kota negaranya.

Menteri Transportasi Israel Yisrael Katz. (YNET)

 

BACA JUGA:
Pesan Natal Paus Fransiskus Serukan Palestina-Israel Damai
Trump Keok di Sidang Istimewa PBB
Trump Ancam Negara Pendukung Palestina

"Tembok Ratapan adalah tempat paling suci untuk orang Yahudi," kata Katz, seperti dilansir The Guardian, Rabu, 27 Desember 2017 waktu setempat.  "Dan saya berhak memutuskan memberi nama Donald Trump untuk stasiun itu nantinya."

Proyek pembangunan kereta cepat itu diperkirakan dimulai tahun depan. Biaya pembangunannya mencapai US$  700 juta. Jika disetujui, proyek itu akan rampung dalam waktu empat tahun.

Israel telah lama menyusun proposal pembangunan kereta cepat dari Tel Aviv ke Jerusalem. Cetak biru kereta itu masuk dalam program prioritas Negeri Bintang Daud sejak tahun 2001.

Tembok Ratapan di Jerusalem, tempat suci Yahudi. (timesofisrael)

 

Kereta cepat itu akan menggantikan sepur lama di jalur konvensional yang dibuat pada masa kerajaan Ottoman. Rencana pembangunan kereta cepat itu mendapat pertentangan dari banyak pihak.

Hal utama yang dipertentangkan masyarakat internasional adalah pembangunan stasiun bawah tanah di dekat Tembok Ratapan. Mereka khawatir proyek pembangunan itu akan menghancurkan situs suci tiga agama di Jerusalem.

THE GUARDIAN |JPOST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments