hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

17 Desember 2017, 06:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Billboard baru saja merilis tangga lagu akhir tahun mereka untuk tahun 2017 ini. Menariknya, pada tahun 2017 ini menjadi tahun terbanyak karya artis Korea yang masuk dalam tangga lagu World Albums! Enggak tanggung-tanggung, album-album karya para artis K-Pop ini berhasil mendominasi posisi 10 besar.

BTS dan Album Love Yourself, sukses di World Album Billboard 2017. (SOOMPI)

Mini album BTS “Love Yourself: Her” menjadi album rilisan artis K-Pop dengan rangking tertinggi dalam tangga lagu akhir tahun World Albums dengan posisi ke-2. Posisi tersebut merupakan posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album K-Pop untuk tangga lagu akhir tahun. Pencapaian BTS ini berhasil memecahkan rekor mereka sendiri pada 2016 dengan album “Wings”, yang berada di posisi ke-6. Album “Love Yourself: Her” sendiri telah bertahan selama 11 minggu di tangga lagu mingguan, dan pada minggu lalu kembali berada di posisi puncak.

Album solo GD menduduki posisi ke 5. (SOOMPI)

Tak hanya BTS yang berhasil masuk dalam tangga lagu akhir tahun World Albums, album solo G-Dragon “Kwon Ji Yong” berhasil merebut posisi ke 5. Album ini berhasil bertahan di tangga lagu selama 11 minggu sejak perilisannya pada Juni lalu.

Sementara grup G-Dragon, BIGBANG, juga mengikuti jejaknya dengan berhasil duduk di rangking ke-6. Lewat album “MADE” yang dirilis pada 2016 lalu, BIGBANG berhasil bertahan selama 11 minggu di tangga lagu World Albums 2017 (termasuk satu minggu pada tangga lagu 2016 yang berakhir pada 31 Desember 2016).

BIGBANG menduduki rangking keenam. (SOOMPI)

Posisi No. 7 ternyata juga diduduki oleh artis Korea lainnya, yaitu EXO dengan album keempat mereka “The War”, yang telah bertahan selama 10 minggu di tangga lagu World Albums.

EXO menduduki ranking ketujuh! (KOREA BOO)

Enggak hanya mendominasi posisi kedua, BTS juga mengamankan tempat di posisi 9 tahun ini dengan album “Wings” yang rilis 2016 lalu, sementara album repacked mereka “You Never Walk Alone” berada di posisi ke 11. Dua album tersebut memiliki perjalanan yang cukup panjang ditangga lagu ini (secara keseluruhan “Wings” menghabiskan 25 minggu dan “You Never Walk Alone” selama 24 minggu sejak rilis), dan juga kedua album tersebut kembali masuk dalam tangga lagu minggu lalu dan mengamankan posisinya.

Sampai saat ini, 2017 menjadi tahun terbaik dan tersukses bagi K-Pop dalam tangga lagu akhir tahun World Albums Billboard dengan total 6 album yang masuk dalam tangga lagu. Pencapaian ini mengalahkan rekor sebelumnya di 2016 saat BTS dan GOT7 masuk tangga lagu dengan tiga album yang mereka rilis.

Selain itu, Billboard juga merilis tangga lagu World Albums Artists. Rangking tangga lagu ini ditentukan berdasarkan bagaimana performa mereka di tangga lagu World Albums sepanjang tahun. Sama seperti tangga lagu Wolrd Albums, BTS, G-Dragon, BIGBANG, dan EXO berhasil masuk sepuluh besar pada tangga lagu ini.  BTS berhasil menempati posisi ke-1, G-Dragon di posisi ke-5, BIGBANG di posisi ke-6, dan EXO di posisi ke-7.

Selamat untuk BTS, EXO, BUGBANG dan GD! (SOOMPI)

Sementara itu pada tangga lagu akhir tahun Social 50 Artists di 2017, BTS meraih posisi No. 1, EXO di No. 35, dan Seventeen di posisi ke-41. BTS juga meraih posisi ke-10 pada tangga lagu Top Artists tahun ini, dan No. 2 pada tangga lagu Top Artists – Duo/Group.

Selamat untuk para artis K-Pop buat pencapaiannya!

SOOMPI | BILLBOARD

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments