hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

12 Desember 2017, 12:05 WIB

SUMATERA UTARA, INDONESIA

Keterbatasan fisik enggak membuat seorang pemuda bernama Daniel Samosir menyerah terhadap hobinya. Meski tak bisa melihat, pemuda asal Deli Serdang ini memiliki kemampuan untuk memainkan alat musik tradisional Sumatera Utara dengan sempurna.

Kemampuan bermain alat musik tradisional ini ia dapatkan saat bergabung dalam Yayasan Pendidikan Tuna Netra (Yapentra) yang terletak di Tanjung Morawa, Deli Serdang. Kurang lebih sudah hampir setahun Daniel bergabung di yayasan ini.

Daniel bersama teman-temannya. (NET.CJ/Salomo Anderson)

Di tempat ini, Daniel biasanya menghabiskan waktu dengan belajar, bermain dan memainkan alat musik tradisional. Bersama rekan-rekannya, pemuda berusia 18 tahun ini sering berlatih alat musik gonrang atau biasa disebut gendang seusai jam sekolah.

"Saya diberikan Tuhan sebuah talenta untuk bermain musik. Terutama alat musik tradisional Sumatera Utara yaitu gendang," Ujar Daniel saat ditemui pada 26 November 2017 lalu.

Daniel mengaku ia tertarik sendiri untuk mendalami alat musik tradisional. Sebab, alat musik ini sudah banyak ditinggalkan oleh anak-anak muda.

"Saya tertarik sendiri untuk mempelajari alat musik ini. Kebetulan di era sekarang, musik tradisional Sumatera Utara sudah kalah dengan musik modern," tambah Daniel.

Daniel bersama teman sedang bermain musik. (NET.CJ/Salomo Anderson)

Dengan semangat dan tekad yang kuat, Daniel pun berusaha untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang musisi yang dikenal banyak orang seperti Vicky Sianipar. Ia juga ingin dirinya bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang-orang di sekitarnya.

Beruntung, Daniel adalah sosok pemuda yang tidak pernah mengenal kata putus asa. Ini karena ia tidak mau mengecewakan dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya. Ia mengaku akan terus belajar untuk bisa memainkan alat musik dan untuk melestarikannya dimasa depan.

NET.CJ SALOMO ANDERSON TOBING

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments