hero
Presiden Jokowi. (SETKAB/Humas/Rahmat)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

7 Desember 2017, 12:55 WIB

KOTA BOGOR, INDONESIA

Presiden Joko Widodo mengecam keras sikap Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel. Saat konferensi pers di Istana Bogor, Kamis, 7 Desember 2017, Presiden Jokowi ditanya wartawan apakah akan menelepon langsung Trump membahas hal tersebut.

"Nanti setelah sidang OKI, paling penting sidang OKI dulu," jawab Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai menyampaikan pernyataan sikap terkait pernyataan sepihak Amerika Serikat atas diakuinya Jerusalem sebagai ibu kota Israel. (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Presiden Joko Widodo mengatakan telah menghubungi hampir semua negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) membahas pernyataan Trump tersebut. Presiden mengatakan, negara yang tergabung dalam OKI sepakat akan menggelar sidang khusus dalam waktu dekat.

"Kurang lebih tanggal 13 Desember ini, karena kita sudah menghubungi hampir semua negara OKI," jelas Presiden.

Sidang OKI itu akan digelar di Istanbul, Turki. Presiden Jokowi memastikan akan datang.

Wakil Presiden Mike Pence dan Presiden Donald Trump usai berpidato yang menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Rabu (6/12). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Sebelumnya Presiden Jokowi mengecam keras pernyataan Donald Trump. "Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Jerusalem sebagai ibu kota Israel dan meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut," kata Presiden.

Pemerintah dan rakyat Indonesia, lanjut Presiden, konsisten mendukung Palestina. 

"Saya dan rakyat Indonesia, kita semuanya tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah pembukaan Undang Undang Dasar 1945," ujar Presiden.

Warga Palestina menonton televisi menyiarkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengumumkan bahwa AS mengakui Jerusalem sebagai ibukota Istael, di Kota Tua Jerusalem, Rabu (6/12). (ANTARA/REUTERS/Ammar Awad)

BACA JUGA:
Trump Akui Jerussalem Ibu Kota Israel
Presiden Jokowi Perintahkan Menlu Retno Panggil Dubes AS terkait Jerusalem

Presiden telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memanggil Duta Besar AS terkait hal ini.

PRIHARDANI PURBA

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments