hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 Desember 2017, 17:05 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para penyandang disabilitas di Indonesia adalah sulitnya untuk berpergian dengan menggunakan angkutan umum. Hal ini dikarenakan belum semua transportasi ramah akan difabel.

Tapi di Yogyakarta, terdapat salah satu layanan transportasi berbasis online yang ramah akan difable, yaitu Difa City Tour atau yang lebih dikenal sebagai Ojek Difa. Selain dibuat untuk para penumang berkebutuhan khusus, layanan transportasi ini ternyata juga dibuat dan dikelola oleh para difable loh.

Triyono, pendiri ojek Difa. (NET/Rebana Adawiyah)

Triyono adalah sosok dibalik berdirinya Ojek Difa ini. Sejak tahun 2015, ia merintis usaha ini karena melihat diskriminasi transportasi untuk para difabel. Hal ini kemudian memicunya untuk mencari cara agar teman sesama difabel dapat berpergian dengan aman dan nyaman.

"Ojek Difa ini kita bentuk karena diskriminasi dan minoritas sangat kuat. Terutama dibidang transportasi. Jadi kesusahan para difabel untuk mengakses angkutan umum jadi alasan utama mengapa kita membangun Ojek Difa ini," papar Triyono. 

Aplikasi ojek difa. (NET/Rebana Adawiyah)

Hingga saat ini, Ojek Difa sudah memiliki 18 armada. Dimana masing-masing armada didesain dengan menggunakan roda tiga dan tempat duduk penumpang. Konsep Ojek Difa ini hampir mirip dengan becak motor yang ada di Sumatera.  

Untuk mencoba layanan transportasi ini, kamu bisa mengaksesnya melalui aplikasi Difa Bike. Tarifnya mulai dari Rp 25 ribu untuk 20 Km pertama. Meski dikendari oleh penderita difabel, ojek ini tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang.

Ojek difa. (NET/Rebana Adawiyah)

Selain untuk mempermudah mobilitas para difabel, hadirnya Ojek Difa ini sendiri dapat menjadi sumber mata pencaharian baru. Selain itu, Ojek Difa bisa jadi pembukti jika kekurangan bukanlah menjadi penghalang untuk beraktivitas.

NET.CJ REBANA ADAWIYAH

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments