hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

22 November 2017, 20:20 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar resmi mendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub Jatim 2018 mendatang.

"Dengan ucapan bismillah atas nama DPP Partai Golkar menyerahkan surat keputusan ini kepada pasangan calon Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur dan saudara Emil Dardak sebagai calon wakil gubernur," kata Plt Ketum Partai Golkar Idrus Marham di kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu, 22 November 2017.

Idrus menyatakan, sebelumnya Partai Golkar telah bertemu dengan para kiai dari Jawa Timur membahas pencalonan Khofifah-Emil tersebut.

 Idrus Marham bersama Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistyanto Dardak. (ANTARA/Reno Esnir)

Khofifah saat ini masih menjabat Menteri Sosial dalam Kabinet Kerja Jokowi dan Jusuf Kalla. Karena mencalonkan diri sebagai gubernur, Khofifah akan menyurati Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan komitmen maju Pilkada Jatim.

"Saya akan segera menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Bapak Presiden bahwa amanat mandat yang beliau percayakan kepada kami sebagai menteri sosial, jadi izin untuk melanjutkan silaturahmi kepada partai partai pengusung kami di Jawa Timur," kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan, telah mendapat dukungan dari Partai Golkar dan Partai Demokrat. Dukungan kedua partai tersebut cukup untuk mengantarkan dia dan Emil mengikuti Pilkada Jatim 2018.

Dukungan diberikan Partai Golkar ke Khofifah yang masih menjabat sebagai Menteri Sosial dan Emil sebagai Bupati Trenggalek. (ANTARA/Reno Esnir)

Partai Golkar memiliki 11 kursi di DPRD Jatim, sedangkan Partai Demokrat memiliki 13 kursi. Dengan total 24 kursi, sudah cukup menjadi pemenuhan prasyarat minimal 20 kursi untuk bisa mencalonkan sebagai cagub dan cawagub.

Sementara saat diajukan mendampingi Khofifah, Emil Dardak masih menjabat sebagai Bupati Trenggalek. Emil mengatakan keinginannya maju Pilkada Jatim demi kebaikan masyarakat Trenggalek. 

Suami dari artis Arumi Bachsin itu mengatakan, maju mendampingi Khofifah juga untuk mengabdi kepada negara. Ia yakin dapat memberi nilai tambah bagi Jawa Timur.

Bupati Trenggalek Emil Dardak usai pertemuan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan pimpinan KPK di Jakarta, Jumat, 3 November 2017 lalu. (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Sebelum Golkar, Partai Demokrat juga memberikan dukungan kepada pasangan Khofifah-Emil. Sementara Partai NasDem, PPP dan Hanura belum secara resmi menyatakan dukungannya usai Khofifah menggandeng Emil sebagai pasangannya. 

BACA JUGA:
Ini Jago PDI Perjuangan di Pilgub Jatim
Enggak Nyangka! Emil Dardak Nyanyi di Resepsi Kahiyang-Bobby

Khofifah dan Emil akan bersaing dengan pasangan cagub cawagub Jatim dari PDI Perjuangan yang telah mengusung Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

TEO HERNAR FANDI 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments