hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

8 November 2017, 19:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi telah menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) atas dua pimpinan KPK. Pimpinan KPK yang tertulis namanya dalam SPDP adalah Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua Saut Situmorang.

"Tadi sore kami sudah terima SPDP yang isi ada dua pimpinan sebagai pihak terlapor. Perlu ditegaskan di sini, dua pimpinan sebagai pihak terlapor," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya, Rabu, 8 November 2017.

Ketua KPK Agus Rahardjo. (ANTARA/Rosa Panggabean)

Febri mengatakan, pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu surat tersebut. "Apa yang dipersoalkan di sana, karena itu tidak tercantum dalam surat itu," tambah dia.

Febri juga memaparkan, KPK yakin kepolisian akan menangani proses hukum ini secara profesional. Febri merujuk pada Pasal 25 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang mengatur proses penyidikan, penuntutan, dan persidangan kasus tipikor didahulukan dibanding perkara yang lain.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (berbatik). (ANTARA/Puspa Perwitasari)

"Pelaporan terhadap pimpinan KPK, apalagi kalau itu dilakukan oleh orang-orang yang ada kaitannya langsung atau tidak langsung dengan perkara yang ditangani KPK itu bukan terjadi kali ini saja," tambah Febri.

Sebelumnya Bareskrim Polri menerbitkan SPDP atas laporan Sandi Kurniawan terhadap dua pimpinan KPK. Keduanya dilaporkan telah membuat surat palsu dan memalsukan surat dan menggunakan surat palsu serta menyalahgunakan wewenang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 263 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan/atau Pasal 421 KUHP.

SPDP yang ditujukan untuk Agus Rahardjo dan Saut Situmorang. (ISTIMEWA)

JANUAR YUDHA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments