hero
(BBC)

EDITOR : REZA ADITYA

2 November 2017, 12:55 WIB

MYANMAR

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi mengunjungi area konflik warga Rohingya di Rakhine hari ini. Suu Kyi tiba di Sittwee dan menuju Rakhine bagian utara untuk melihat kondisi desa warga Rohingya.

"Suu Kyi berkunjung me Maungdaw, Rakhine bagian utara mengunjungi beberapa desa dan meninjau keadaan," kata Wakil Pemerintah Negara Bagian Rakhine, Tin Maung Swe, Kamis, 2 November 2017.

Amina Khatun, pengungsi Rohingya berusia 30 tahun yang meninggalkan Myanmar. (ANTARA)



BACA JUGA:
Singgung Rohingya, Gelar Ratu Kecantikan Myanmar Dicopot
PBB Tuding Myanmar Gagal Lindungi Rohingya

 

Ini merupakan kali pertama Suu Kyi sowan ke Rakhine setelah dia dilantik sebagai pemimpin negara Tanah Emas pada tahun 2016. Kunjungannya itu diduga atas desakan internasional yang menganggap Suu Kyi tak berbuat apa-apa terkait krisis Rohingya.

Belum diketahui apa saja yang dilakukan Suu Kyi saat mengunjungi Maungdaw. Namun diketahui daerah itu merupakan tempat meletusnya konflik pada Oktober 2016.

Pada saat itu, sembilan petugas penjaga pos perbatasan Maungdaw ditembak orang tak dikenal. Pemerintah dan militer Myanmar menuding pelaku penembakan itu adalah Tentara Penyelamat Rohingya Arakan.

Pengungsi Rohingya mengantre untuk mendapatkan bantuan di Cox's Bazar, Bangladesh. (ANTARA)

 

Pascapenembakan pemerintah dan militer Myanmar membakar seluruh desa yang dihuni ratusan ribu warga Rohingya. Sebanyak 600 ribu warga Rohingya berupaya menyelamatkan diri ke Bangladesh karena desanya dibakar.

Suu Kyi berkunjung ke negara bagian Rakhine dengan penjagaan ketat. Dia dikawal 20 personel  militer dengan dua helikopter.  Belum ada penjelasan rinci hasil kunjungan pemimpin Myanmar itu ke daerah ya dihuni warga Rohingya.

BBC | VOA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments