hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

23 Oktober 2017, 13:30 WIB

SINGAPURA

Grab baru saja mendapat pinjaman dana sebesar US$ 700 juta atau Rp 9,4 triliun. Menggandeng SMRT, operator transportasi umum terbesar di Singapura, keduanya akan membangun penyewaan mobil terbesar di Asia Tenggara.

Dikutip dari siaran pers Grab, dana segar dipinjam dari bank swasta regional dan salah satu bank global terbesar di dunia. Usaha penyewaan mobil akan dimulai pada kuartal ke empat tahun 2018. Bisnis ini dipilih berdasarkan permintaan kuat dari mitra pengemudi.

Nantinya, mitra pengemudi akan berkesempatan menyewa langsung kendaraan dari induk perusahaan mereka. Perusahaan baru ini juga akan menambah armada Grab di jalanan, yang berpengaruh pada daya jangkau dan kecepatan pemesanan oleh para konsumen.

Grab baru saja mendapat pinjaman dana sebesar US$ 700 juta atau Rp 9,4 triliun. (ANTARA)

"Rekor pinjaman ini adalah wujud kepercayaan diri bank-bank terhadap pasar dan model bisnis kami. Kini, 72 persen ceruk pasar akan kami kembangkan dengan bisnis penyewaan mobil," ujar Ming Maa, Presiden Grab, Jumat, 20 Oktober 2017.

Dengan kerja sama ini, mobil-mobil sewaan Grab akan memiliki akses untuk masuk ke pasar SMRT. Seperti diketahui, SMRT merupakan operator kendaraan umum terbesar di Singapura, selain bergerak di bidang bus dan perkeretaapian, mereka juga memiliki bisnis taksi dan penyewaan dengan jumlah armada mencapai 3400 unit.

Nantinya, mitra pengemudi akan berkesempatan menyewa langsung kendaraan dari induk perusahaan mereka. (GRAB)

Saat ini, perusahaan transportasi online asal Singapura itu mengklaim dirinya sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Per Januari lalu mereka mencatatkan peningkatan mitra pengemudi hingga tiga kali lipat menjadi 1,8 juta orang. 

Performa Grab saat ini memang sedang bagus-bagusnya. Mereka menguasai 95 persen pasar taksi online, dan 75 persen pasar transportasi pribadi online. Kejayaan berhasil direngkuhnya tak hanya di Singapura, namun juga di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

STRAIT TIMES | GRAB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments