hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

22 Oktober 2017, 15:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Unik dan kreatif, itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan hasil kerajinan kandang burung buatan Asep Maulana ini. Dengan hanya bermodalkan bungkus rokok bekas, Asep mampu menghasilkan sebuah karya seni yang bernilai puluhan juta.
 
"Yang pertama tertarik. Karena kertas alumunium foil dari bungkus rokok bisa memunculkan cahaya yang asik," ujar Asep saat ditemui pada 4 Oktober 2017.

Asep Maulana sedang menunjukan karya seni dari bungkus rokok. (NET/Slamet Lestioro)

Meski karyanya terlihat sederhana, seniman asal Bantul, Yogyakarta ini mebutuhkan waktu selama dua bulan untuk membuat karya seni tersebut. Selama berbulan-bulan, Asep harus mengumpulkan bungkus rokok bekas. Setelah terkumpul, ia akan mengambil kertas alumunium foil yang terdapat di dalamnya untuk dijadikan bahan dasar kreasinya.

Karya seni dari bungkus rokok. (NET/Slamet Lestioro)

Satu persatu, kertas alumunium foil tersebut diproses hingga terbentuk sesuai. Asep sering membentuk kertas tersebut dengan cara dipilin, dilipat, hingga dianyam. Selain itu, ketelitian dan kelatenan jadi kunci utama Asep dalam membuat kreasi tersebut.
 
"Kesulitannya karena harus mengerjakannya satu per satu. Untuk ruji burungnya saja harus satu-satu." paparnya.

Bungkus rokok. (NET/Slamet Lestioro)

Untuk membuat hiasan kandang burung ini saja, Asep perlu menghabiskan 1.234 bungkus rokok bekas. Selain kreasi sangkar burung, ia juga kerap membuat kreasi lain dari bungkus rokok seperti boneka bayi.
 
Untuk kreasi sangkar burung, Asep membandrolnya dengan harga Rp 25 juta. Sedangkan untuk boneka bayi, dikenakan harga sebesar Rp 15 juta. Selain karena memiliki warna yang unik, Asep mengaku punya alasan tersendiri saat memilih bungkus rokok.

Asep Maulana sedang menunjukan karya seni dari bungkus rokok. (NET/Slamet Lestioro)

Ia mengaku merasa prihatin dengan banyaknya bungkus rokok yang terbuang menjadi sampah. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, sampah ini bisa menghasilkan karya seni yang bernilai jual tinggi.
 
SLAMET LESTIORO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments