hero
Proyek underpasss Mampang Kuningan. (NET)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

18 Oktober 2017, 22:55 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Anies memastikan penyelesaian pembangunan enam proyek infrastruktur di Jakarta molor. Keenam proyek tersebut adalah underpass Mampang-Kuningan, pembangunan simpang tidak sebidang Bintaro Permai, simpang tidak sebidang Cipinang Lontar, underpass Kartini, flyover Pancoran, dan underpass Matraman-Salemba.

Kendaraan melintas di samping proyek pembangunan underpass Mampang-Kuningan di Jakarta. (ANTARA/Aprillio Akbar)

Pembangunan keenam proyek itu, lanjut Anie, awalnya ditargetkan selesai pada 15 Desember 2017. Namun, hingga kini rata-rata pembangunan baru selesai 65 persen.

"Sementara waktu yang tertinggal hanya November dan Desember. Dan proyek ini sudah jalan sejak tahun lalu, sudah setahun lebih. Kalau di dalam kontrak selesai 15 Desember," ujar Anies.

Proyek pembangunan flyover Pancoran dengan panjang 740 meter dan lebar 9 meter. (ANTARA/Galih Pradipta)

Menurut Anies, molornya pembangunan terkendala beberapa hal. "Ada yang karena pemasangan kabel listrik yang belum beres. Ada soal pipa gas, pipa air, yang semuanya terjadi karena koordinasi yang tidak berjalan baik," sambungnya.

Untuk mencari solusi mempercepat proses pengerjaan, Anies berencana memanggil dinas terkait dan penanggung jawab enam proyek tersebut. "Saya minta paling lambat Jumat pagi ada dokumen tertulis dari mereka tentang bagaimana mempercepat proses ini," kata Anies.

Pekerja dengan alat berat menyelesaikan proyek pembangunan underpass Matraman. (ANTARA/Aprillio Akbar)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Kerja itu menilai proyek yang dibangun bersamaan itu menimbulkan kemacetan luar biasa.

"Kami tidak ingin warga Jakarta memiliki tambahan masalah karena kemacetan. Tanpa proyek saja sudah macet, apalagi semua dikerjakan dalam waktu bersamaan," pungkas dia.

DWITA MEIRIANI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments