hero
(MENSHEALTH)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Oktober 2017, 07:50 WIB

INDONESIA

Latihan kekuatan, kardio, dan pola diet makan yang sehat sering dikatakan sebagai formula yang sempurna untuk menurunkan berat badan. Namun, enggak bisa dipungkiri, sering kali orang kebingungan seberapa banyak porsi yang dibutuhkan untuk setiap jenis latihan.

Latihan kardio. (MASHMEN)

Ada yang bilang latihan kekuatan lebih efektif, namun kini enggak sedikit yang berpendapat kalau latihan kardio lah kunci untuk menurunkan berat badan. “Penting bagi setiap orang untuk memahami bagaimana tubuh berfungsi sehari-hari, sebelum memutuskan menjalani latihan intensif,” ujar Austin Lopez, Pelatih fisik atau trainer asal San Fransisco, AS.

Untuk menurunkan berat sekitar 0,5 kg saja, kamu perlu membakar 3.500 kalori dalam seminggu. Menurut Lopez, ada beberapa pilihan rangkaian latihan untuk membakar kalori sebanyak itu dalam seminggu.

Austin Lopez, Pelatih fisik asal San Fransisco, AS. (AUSOMEFIT)

Pertama, lakukan latihan kardio 30 menit setiap hari selama seminggu, disertai pengurangan sedikit kalori. Minggu kedua, lakukan latihan kardio 30 menit selama 5 hari dengan pengurangan banyak kalori. Lalu minggu seterusnya, cukup lakukan latihan kardio 30 menit selama maksimal 3 hari, tetapi pengurangan kalori juga harus lebih banyak lagi.

Lakukan latihan kardio yang rutin dan konsisten. (BODYBUILDING)

Ya, latihan kardio yang rutin dan konsisten lebih disarankan, karena lebih ampuh menurunkan berat badan. Trainer lainnya juga tetap lebih menyarankan para klien untuk melakukan latihan kardio 4-5 kali dalam seminggu, dengan durasi 30-45 menit.

Beberapa tambahan latihan kekuatan juga perlu dilakukan setelah latihan kardio, jika berat badan adalah tujuan utamanya. Meski begitu, tetap kontrol porsi latihan kardiomu.

Latihan kardio berlebihan bisa membuat otot-ototmu menjadi kelelahan. (PINTEREST)

Latihan kardio yang berlebihan justru bisa jadi kontraproduktif, dan membuat kamu mengasup kalori lebih dari yang dikeluarkan. Ujung-ujungnya Yang ada otot-ototmu menjadi kelelahan dan berat badanmu cenderung naik.

 

POPSUGAR| TODAY| TELEGRAPH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments