hero
Presiden AS Donald Trump. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

28 September 2017, 10:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Presiden Amerika Serikat Donald John Trump tak bisa membendung amarahnya lagi menghadapi Korea Utara. Dia mengatakan negaranya akan mengerahkan pasukan militer meluluhlantakkan Negeri Juche itu.

"Kami total menyiapkan opsi kedua. Bukan pilihan yang diinginkan," kata Trump di Gedung Putih, Rabu, 27 September 2017 waktu setempat. "Tapi jika kami mengambil opsi itu, maka akan menghancurkan Korea Utara."

Tentara Amerika Serikat. (REUTERS/Carlo Allegri)



BACA JUGA:
Video Propaganda Korea Utara yang Tiru Film Hollywood
Bersiap Perang, Warga Korsel Borong Masker Nuklir​

Trump heran karena masalah Korea Utara tak dapat diselesaikan sedari puluhan tahun yang lalu. Menurut dia, jika pemimpin AS yang sebelumnya itu bisa menjinakkan negara sosialis itu, opsi pengerahan pasukan militer tak akan terjadi.

"Korea Utara seharusnya bisa ditangani 25 yang lalu, 15 tahun yang lalu, 10 tahun yang lalu, " ujar Trump. "Jadi menanganinya sangat mudah. Saya akan membenahi kekacauan ini. Jadi, lihat saja apa yang terjadi dengan Korea Utara."

Orang berkumpul di depan patung Kim Il Sung (kiri) dan patung Kim Jong Il (kanan) pemimpin pertama dan kedua Korea Utara. (REUTERS/Damir Sagolj)

 

Konflik di Semenanjung Korea semakin memanas. Pemicunya adalah pernyataan Trump di mimbar Sidang Umum PBB pekan lalu berjanji akan menghancurkan Korea Utara karena tak menghentikan program nuklir dan rudal antarbenua.

Tak lama setelah pernyataan Trump, Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho balas pernyataan yang kontroversial. Ri menganggap Trump sudah mendeklarasikan perang dengan negaranya.

Video propaganda menghancurkan AS juga dibuat media Korea Utara. Dalam video 1 menit 31 detik itu dibuat persis seperti film Hollywood. Tiap adegan dalam gambar bergerak itu isinya adalah penghancurkan armada perang AS.

CHELZEA VERHOEVEN | AL JAZEERA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments