hero
Siluet Gunung Agung. (ANTARA/

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

25 September 2017, 17:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengimbau warga yang masih tinggal di sekitar Gunung Agung untuk mengungsi.

"Radius 9 kilometer seluruhnya, ditambah 12 kilometer utara sampai timur laut, tenggara-selatan-barat daya harus kosong karena bahaya," kata Sutopo di kantornya, Jakarta, Senin, 25 September 2017.

Pengungsi Gunung Agung membawa keluarganya ke tempat penampungan Sabtu kemarin. (ANTARA/Nyoman Budhiana)

Sutopo menerangkan, bahaya yang mengintai di radius terdekat 9 km adalah terkena awan panas yang panasnya mencapai 600-800 derajat celcius. "Kecepatannya 300 km perjam. Kemudian aliran lava, guguran batu dan lontaran batu dari perut gunung, apalagi letusannya vertikal," sambung Sutopo. 

Hingga saat ini, lanjut Sutopo, dari sekitar 62 ribu warga yang menetap di daerah kawasan rawan bencana, masih ada sekitar 14 ribu jiwa yang belum mengungsi. Alasan warga belum mengungsi antara lain, hewan ternak yang belum dievakuasi hingga lahan pertanian yang mesti dijaga.

Sejumlah warga menaikkan sepeda motor dan barang lainnya ke mobil untuk mengungsi. (ANTARA/Nyoman Budhiana)

Data terakhir yang dikumpulkan BNPB, jumlah pengungsi mencapai 48.540 jiwa. Mereka tersebar di 301 titik pengungsian yang berada di 9 kota dan kabupaten di Bali.

BNPB juga telah membuat peta kawasan rawan bencana Gunung Agung. Peta disusun berdasarkan sejarah letusan Gunung Agung pada 1963-1964 silam. Peta dibuat untuk mengetahui aliran lava, arah awan panas, dan abu vulkanik.

Pengungsi Gunung Agung beristirahat di GOR Suwecapura, Klungkung, Bali, Minggu malam. (ANTARA/Fikri Yusuf)

Status Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali, saat ini berada di Level IV (Awas). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologis (PVMBG) menaikan status Gunung Agung dari level III (siaga) menjadi level IV (awas) pada Jumat, 22 September 2017 malam pukul 20.30 Wita.

BAMBANG ADHI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments