hero
(MEGANEWS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

22 September 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sulit bangun pagi adalah permasalahan yang sepertinya dialami banyak orang. Bahkan, terkadang tidur lebih awal dengan durasi lebih dari 8 jam, masih saja terasa kurang.

Ada beberapa alasan lain mengapa kamu sulit bangun di pagi hari dengan fit dan segar, selain karena stres dan kesibukan sehari-hari. Berikut hal-hal yang membuat tidurmu tidak berkualitas dilansir dari Brightside.

Jadwal tidur berantakan

Jam tidur malam yang berbeda setiap harinya membuat tubuh lebih lelah saat bangun. (BRIGHTSIDE) 

Tubuh bekerja berdasarkan jam biologisnya yang mengatur siklus segala hal, termasuk siklus tidur dan istirahat. Jam tidur malam yang berbeda-beda setiap hari, bisa merusak jam biologis tersebut dan membuat tubuh merasa lelah dan lesu saat bangun pagi.

Usahakanlah tidur menurut jadwal yang sama setiap harinya. Untuk menjaga keteraturan jam biologis tubuhmu.

Membalas tidur saat weekend

Balas tidur saat libur hanya akan merusak jam biologismu dan bisa memicu sejumlah penyakit. (BRIGHTSIDE)

Terbiasa tidur 5-6 jam pada hari kerja, tapi tidur 2 kali lipat lebih lama saat hari libur? Lagi-lagi itu hanya akan merusak jam biologismu. Selain bisa menyebabkan sleeping disorder, kebiasaan ini bisa memicu penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Sebaiknya, biasakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, meski libur sekalipun.

Menekan tombol snooze

Menyetel alarm berkali-kali malah akan membuat badan menjadi lebih lelah dan lesu saat bangun. (BRIGHTSIDE)

Menambah tidur 10 sampai 15 menit dari waktu alarm kamu berbunyi, enggak akan berdampak baik. Yang ada kamu malah akan jauh dalam fase tidur yang lebih nyenyak. Akibatnya saat terbangun, kamu akan merasa jauh lebih lelah dan lesu. Nah lebih baik, pasang alarm sesuai dengan jam bangun tidurmu yang sebenarnya, dan taatilah bunyi alarm tersebut.

Melewatkan sarapan

Jeda waktu yang terlalu jauh antara jam bangun tidur dengan jam makan awal bisa memicu stres. (BRIGHTSIDE)

Sarapan membantu tubuhmu memulai jam biologisnya agar bisa memberi alarm, kapan waktu tubuh akan memerlukan istirahat nantinya. Jarak waktu yang terlalu jauh antara jam bangun tidur dengan jam makan pertama bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang memicu stres.

Memakan makanan manis dan bertepung sebelum tidur

Makanan tinggi karbohidrat dan gula hanya boleh disantap dengan jeda 5 jam sebelum tidur. (BRIGHTSIDE)

Makan sebelum tidur enggak hanya berefek buruk untuk bentuk badan, tetapi juga terhadap kualitas tidurmu. Makanan yang tinggi karbohidrat dan gula seperti pizza, cake, dan kentang hanya boleh disantap dengan jeda 5 jam sebelum waktu tidur. Kalau mau makan dengan jeda kurang dari 5 jam, pilihlah makanan yang ringan seperti yoghurt atau buah-buahan.

Kamar yang berantakan

Kamar yang berantakan akan membuat tidur enggak tenang, sehingga mengganggu kualitas tidur. (BRIGHTSIDE)

Suasana kamar ternyata memiliki pengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Kamar yang berantakan cenderung membuat kamu merasa dihantui pekerjaan-pekerjaan yang belum terselesaikan sebelum tidur. Sebaliknya, kamar yang rapi dengan aroma yang harum dan menenangkan bisa menstimulasi tubuh untuk tertidur lebih cepat.

Mandi sebelum tidur

Beri jarak 1,5 hingga 2 jam sebelum waktu tidurmu untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. (BRIGHTSIDE)

Mandi dengan air hangat di malam hari memang bisa membuat tubuh terasa rileks dan mudah tertidur. Namun, bukan berarti kamu mandi benar-benar sebelum waktu tidur. Karena, penurunan suhu pada tubuh justru memberi sinyal untuk memulai hari. Mandilah 1,5 hingga 2 jam sebelum waktu tidurmu untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

BRIGHTSIDE| HUFFINGTONPOST| INDEPENDENT UK

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments