hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

20 September 2017, 08:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Rujak Kolam Medan.Ini dia nama lapak kuliner melegenda yang terus terngiang di telinga saya beberapa minggu terakhir. Namanya unik menggelitik, menunya juga diburu banyak pecinta kuliner dan makin penasaran, karena meski namanya ada kata “Medan”, ternyata lapaknya ada di Ibu Kota, tepatnya di kawasan belanja ITC Mangga Dua, Jakarta Utara.

Ini dia lapak rujak yang saya cari. (NET/Fahmi)

Lapak Rujak Kolam Medan bisa ditemukan di lantai 3 blok D. Enggak perlu tanya-tanya, karena begitu sampai di lokasi, langsung terlihat ramainya lapak rujak, dan saya harus sabar antre untuk bisa mencicipi rujak kolam ini. Sambil menunggu, saya mencari tahu apa sih yang membuat para pembeli rela antre demi sepiring rujak? “Saya suka bumbunya, beda rasanya, kacangnya juga gede-gede, jadi ada sensasi kriuk-kiruk. Terus buah-buahannya juga segar”, kata Grace yang saya temui saat mengantre.

Deretan piring rujak pesanan pelanggan. (NET/Fahmi)

Hal serupa juga menjadi alasan Velisha, “Buahnya fresh ya, terus bumbunya sih, aku suka bumbunya sama kacangnya itu lho gede-gede. Biasanya di tempat lain itu mungkin ditumbuk, yang ini kayaknya enggak, jadi aku suka makan kacangnya sampai akhir”.

Ini dia seporsi rujak pesanan saya. (NET/Fahmi)
Hmmm, buahnya segar, bumbunya juga enak. (NET/Fahmi)

Rujak pesanan saya akhirnya tiba, dan kesan pertama yang saya tangkap, rasa buahnya yang segar, pas banget berpadu dengan bumbu rujaknya. Kacang yang ada di bumbunya juga menambah sensasi berbeda. Enggak salah deh kalau rujak ini populer di kalangan pecinta kuliner.

Buah-buahan yang ada di sepiring rujak kolam Medan ini dijamin kesegarannya. Semuanya organik dan dipotong dadakan, agar warna dan rasanya enggak berubah. Bumbunya juga diulek dengan tangan agar lembut namun menyisakan tekstur kacang yang renyah. Agar tambah sedap, kacang mete juga ditambahkan dalam bumbunya. Standar bumbu yang dibuat sudah cukup pedas buat saya, tapi kalau mau lebih pedas, bisa meminta ditambah cabainya.

Rujak Kolam Medan. (NET/Fahmi)

Rujak Kolam Medan di ITC Mangga Dua ini sudah ada sejak 12 tahun lalu. Asal usul nama lapak rujak ini berawal dari Medan. “Dulu kita jualannya di sekitaran Istana Maimun, nah di sana ada kolam, orang-orang menyebut rujak yang dijual di sana rujak kolam. Pas kita pindah ke Jakarta, resep rujak di sana kita bawa, namanya ditambahin Medan, agar orang-orang tahu ini Rujak Kolam Medan”, ujar Annisa Rosa Noviany sang pemilik lapak.

Buah-buahan yang dipakai dijamin segar. (NET/Fahmi)

Lapak buka sejak pukul 10.00-17.00 WIB setiap hari. Banyak juga pengunjung asal Medan yang kesini karena kangen dengan citarasa rujak kolam di kota asal mereka. Seporsi rujak dijual seharga Rp 30.000-40.000 tergantung kombinasi dan banyaknya buah yang dipilih. Bagi yang mau membeli bumbunya saja juga bisa, harganya Rp 60.000 untuk kemasan 8 ons, dan Rp 93.000 per liter.

AVILA RIA

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments