Pertama kali dalam sejarah, sebuah drone digunakan untuk membantu proses penyelamatan dan pencarian korban kecelakaan di lautan. 

Kegiatan ini dilakukan tim penyelamat dari Caister, Norflok, Inggris. Mereka melengkapi kapal sekoci miliknya dengan drone penyelamat yang bisa difungsikan dalam keadaan gelap minim cahaya.

Proyek ini didanai oleh perusahaan asuransi Direct Line. Drone dilengkapi lampu sorot dan kamera, guna menangkap video dan mengirimkannya secara lengsung ke monitor yang dipasang di sekoci.

Fasilitas ini memberikan gambaran yang lebih jelas bagi kru penyelamat mengenai kondisi yang sedang terjadi di lautan. Keberadaan kamera juga mempercepat proses evakuasi karena tak mewajibkan kru turun langsung ke tempat kejadian perkara. 

Kamera beresolusi tinggi lengkap dengan penerangan mampu menampilkan video secara jernih. Memungkinkan petugas penyelemat menggetahui apakah korban masih hidup atau sudah mati.

Drone dilengkapi lampu sorot dan kamera, guna menangkap video dan mengirimkannya secara lengsung ke monitor yang dipasang di sekoci. (ROBB TODD)

Drone diterbangkan dari dek depan sekoci. Ia dikendalikan dari jarak jauh menggunakan aplikasi yang terhubung dengan gadjet.

Teknologi ini dikembangkan sejak tahun 2016. Saat itu, ia diciptakan untuk mengatasi persoalan kekurangan cahaya yang kerap menghambat proses penyelamatan. Kini, produsen, tim SAR, dan otoritas penerbangan sipil Inggris (CAA) sedang berdiskusi, memikirkan agar drone ini bisa digunakan secara aman dan legal.

"Penggunaan lampu sorot memberikan pemandangan yang jernih kepada tim penyelamat. Menggunakan drone ini sama dengan mengoperasikan helikopter," ujar Peter King, pakar pesawat tanpa awak yang juga turut terlibat mengembangkan drone penyelamat ini.

Sekarang, penggunaan drone penyelamat masih terbentur aturan CAA yang membatasi jarak maksimal penerbangan drone hingga hanya 500 meter. Jika uji coba ini aman dan berhasil, maka CAA akan meregulasi ulang, menambahkan jarak terbang khusus drone penyelamat hingga lebih dari 500 meter.

DAILY MAIL | DIRECT LINE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments