hero
(NET.CJ/ Qurotul)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 September 2017, 11:00 WIB

JEMBER, INDONESIA

Sup ayam atau sup kambing rasanya sudah jadi makanan biasa, tetapi di Jember ada kreasi kuliner unik yang masih terbilang jarang keberadaanya, yaitu sup daging kuda. Yup, di Restoran Munawati, Kecamatan Tanggul, Jember, Jawa Timur kamu bisa mencicipi menu sup daging kuda.

Ternyata daging kuda yang diolah di sini sama sekali tidak alot karena dagin kuda diambil dari kuda yang masih berusia 7 bulan hingga 2 tahun saja. Sup daging kuda dengan kuah bening yang gurih disajikan dengan isi sayuran seperti tomat dan wortel, serta taburan daun seledri dan bawang goreng.

Sup daging kuda, Jember, Jawa Timur. (NET.CJ/ Qurotul)

Rasa gurihnya enggak kalah dengan sup pada umumnya. Tekstur dagingnya yang berserat halus juga mirip dengan daging kambing. Selain sup, menu andalan di Restoran Munawati ini adalah sate daging kuda yang cara penyajiannya sama dengan sate daging lainnya.

Sup dan sate daging kuda, Jember, Jawa Timur. (NET.CJ/ Qurotul)

Bedanya, potongan daging sate kuda lebih kecil-kecil. Daging kuda yang dimasak di Restoran Munawati ini merupakan hasil ternak sang pemiliknya sendiri.

Potongan daging sate kuda, ukurannya kecil-kecil. (NET.CJ/ Qurotul)

Selain enak, ternyata daging kuda juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menghilangkan gatal-gatal, asma, rematik, dan menambah vitalitas. Daging kuda juga cukup aman untuk dikonsumsi oleh para penderita tekanan darah tinggi.

Olahan daging kuda dipercaya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit dan meningkatkan stamina. (NET.CJ/ Qurotul)

Nah, kalau penasaran, silakan mampir ke restoran yang telah menjadi salah satu tempat tujuan para pencari kuliner daging kuda di Jember, Jawa Timur ini. Lokasi restorannya enggak sulit dicari, karena cukup strategis berada dekat Alun-alun Kota Tanggul.

Restoran Munawati, Kecamatan Tanggul, Jember, Jawa Timur. (NET.CJ/ Qurotul)

Untuk menikmati semangkuk sop daging kuda andalan di sini, harganya hanya Rp 28 ribu. Sedangkan seporsi sate kuda harganya Rp 30 ribu.

Penikmat sup dan sate daging kuda di Restoran Munawati, Kecamatan Tanggul, Jember, Jawa Timur. (NET.CJ/ Qurotul)

 

NET.CJ QUROTUL AYUN

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments