hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

13 September 2017, 11:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Masalah kembali mendera PewDiePie. YouTuber terkaya di dunia itu di boikot oleh berbagai pihak setelah melontarkan kata kasar bernada rasis saat menyiarkan game di kanal YouTubenya.

Peristiwa terjadi saat YouTuber asal Swedia itu sedang bermain game PlayerUnknown's Battlegrounds, game pertempuran jarak dekat yang saat ini sedang ramai dimainkan.

Entah sadar atau tidak, ia melontarkan kalimat kasar merujuk salah satu etnis kulit hitam asal Afrika: "What a fuck*ng Nig*r," saat karakter yang ia mainkan nyaris tertembak. 

YouTuber terkaya di dunia itu di boikot oleh berbagai pihak setelah melontarkan kata kasar bernada rasis. (YouTube)

Tak lama setelah mengucap, ia baru tersadar jika yang baru dilakukannya itu bisa menyulut emosi banyak pihak. Ia pun langsung meminta maaf dengan mengatakan: "Saya tidak bermaksud buruk."

Meski sudah meminta maaf, YouTuber bernama asli Felix Kjellberg tiu tetap menjadi bulan-bulanan. Salah satu yang memboikotnya adalah Sean Vanaman, juru bicara pengembang game ternama Campo Santo.

Vanaman mendesak YouTube menurunkan video PewDiePie sedang memainkan game buatan mereka, Firewatch. 

"Kebebasan berbicara adalah kebebasan penuntutan. Apa yang dilakukannya akan menuai kebburukan. Dan, game kami ada di dalamnya," ujar Vanaman melalui Twitter pribadinya.

PewDiePie tercatat memiliki pelanggan di YouTube sebanyak 60 juta. Dalam setahun ia berhasil mengunpulkan pundi-pundi hingga 15 juta dolar AS atau Rp 200 miliar. Pendapatan yang membuatnya menjadi YouTuber terkaya di dunia saat ini.

Dalam insiden sebelumnya, Disney memutus kontrak PewDiePie karena konten bermuatan Nazi dan anti-semitisme dalam YouTubenya. Anehnya, ia terus memproduksi konten yang mengolok-olok korban Holocaust. Perbuatan memalukan ini baru dihentikan saat meletusnya demonstrasi supremasi kulit putih di Virginia, AS pada Juli lalu.

THE GUARDIAN | NEWS HUB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments