hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

12 September 2017, 14:00 WIB

KOREA SELATAN

Musik memang sudah terbukti memiliki hubungan dengan kepintaran seseorang. Mendengarkan musik dikenal bisa meningkatkan kepintaran seseorang, terutama dalam hal bahasa. Nah, bagi kamu penggemar K-Pop tahu enggak kalau ternyata sering mendengarkan lagu K-Pop juga bisa meningkatkan kepintaran kamu? Well, tentunya bukan kepintaran dalam bidang matematika atau fisika ya, melainkan pengetahuan kamu di bidang lain, seperti bahasa dan budaya bahkan melatih fokus.

Konser KPop Idol, G-Dragon di Indonesia. (NET/Rebecca)

Tentu kamu bertanya-tanya , bagaimana caranya mendengarkan K-Pop bisa membuat kamu pintar dalam bidang bahasa dan budaya dan melatih fokus kamu? Ini dia jawabannya.

Belajar Bahasa Baru

Mendengarkan lagu K-Pop sebagai kegiatan sehari-hari, pendengarnya akan melatih otak mereka untuk mengenali bahasa asing. Mempelajari arti katanya dan menghubungkannya dengan suaranya akan membuat koneksi di otak.

Contohnya, salah satu kata paling sering digunakan di K-Pop adalah “Saranghae”. Para pendengar lagu-lagi K-Pop pasti akan mengenali kata yang sering muncul di berbagai genre lagu Korea ini. Jenis belajar seperti ini sebenarnya akan mengembangkan kemampuan otak kamu untuk mengingat informasi dan telah terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan.

Kesadaran Budaya

Pendengar K-Pop sering mengikuti artis yang mereka sukai dan pastinya ingin lebih mengetahui artis kesukaannya sebagai orang yang mereka sukai. Dari video pribadi di media sosial hingga variety show yang dibintanginya, penggemar dapat melihat kebiasaan artis favorit mereka. Para penggemar akan terpapar budaya asing dalam cara yang menyenangkan dan mudah untuk dipelajari.

Konser SNSD. 

Contohnya, orang Korea cenderung menyebut semua jenis makanan dengan kata “bap”, yang arti sebenarnya adalah nasi, meskipun ada kata lain yang juga memiliki arti makanan, yaitu “eumsik.” Kata “bap” sering digunakan karena nasi merupakan makanan pokok orang Korea dan lebih singkat untuk diucapkan.

Fokus

Mempelajari bahasa baru akan meningkatkan fungsi kognisi, yang membuat kamu lebih mudah fokus daripada mereka yang tidak mempelajai bahasa kedua. Dengan mendengarkan lagu K-Pop, meskipun kamu tidak mempelajarinya, otak akan fokus dalam mengenali pola tertentu dan mengembangkannya melalui pengulangan. Meskipun tidak terlalu terlihat, hanya dengan mendengarkannya akan membuat perbedaan.

Terakhir, menurut Foreign Service Institute, bahasa Korea dianggap sebagai salah satu bahasa yang paling sulit untuk dipelajari bagi penutur bahasa Inggris! Karena penggemar K-Pop menghabiskan banyak waktu untuk melihat lirik dari banyak lagu K-Pop, mereka telah mengisi database kosakata bahasa Korea mereka, dan hal tersebut akan membuat mempelajari bahasa baru dengan lebih mudah!

KOREA BOO | SOOMPI

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments