hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

6 September 2017, 18:30 WIB

BALI, INDONESIA

Pulau Dewata, Bali, tujuan liburan sejuta umat dari dalam maupun luar negeri. Fakta ini tak terbantahkan, karena popularitas Bali sebagai tempat wisata tetap bersinar hingga kini. Kawasan Kuta, Seminyak, Nusa Dua dan Ubud, adalah lokasi favorit wisatawan. Tinggal browsing aja, referensi wisata di kawasan ini langsung berjibun. Tapi, kawasan populer bukan jadi tujuan saya ke Bali. Saya ingin merasakan sisi lain Pulau Dewata ini, dan pilihan saya jatuh ke Nusa Lembongan.

Antre naik perahu di Pantai Sanur. (NET/Halimah)

Terletak di tenggara Pulau Bali, untuk menuju tempat ini wisatawan harus naik perahu cepat dari Pantai Sanur. Ada banyak pilihan dan tarif, yaitu perahu umum dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit, tarifnya Rp 30.000-40.000, ada perahu cepat dengan waktu tempuh 30 menit, tarifnya Rp 75.000-100.000. Saya memilih transportasi yang kedua. Oya, tips buat wisatawan lokal, lebih baik membeli tiket di lokasi aja. Kalau kamu beli lewat situs online, harga yang tertera adalah harga wisatawan asing.

Jangan lupa foto-foto ya.

Perahu cepat yang saya tumpangi, semuanya berpenumpang wisatawan asing. Meskipun bagi wisatawan domestik nama Nusa Lembongan terdengar asing dibanding Nusa Penida, lain halnya dengan wisatawan mancanegara. Jadi jangan kaget ya kalau kamu akan lebih banyak menemukan bule dibanding orang Indonesia di sana. Sampai-sampai saya dan teman-teman disangka turis dari negara tetangga loh.

Ini dia Dream Beach, pantai lokasi berjemur favorit wisatawan asing di Nusa Lembongan. (NET/Halimah)

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Nusa Lembongan. Dari mulai berselancar sampai diving. Fasilitas selancar, snorkeling, dan diving juga tersedia di banyak penginapan. Kalau malas main air, kamu juga bisa hanya sekadar berjemur di Dream Beach dan menikmati pemandangan indah. Atau kamu juga bisa berkeliling hutan mangrove dengan sampan ditemani pendayung lokal. Atau mencoba mendayung kano sendiri.

Mendayung kano bisa menjadi alternatif kegiatan. (NET/Halimah)

Nah, kalau kamu kesini, salah satu tempat kece yang wajib kamu datangi adlaah Devil’s Tears. Spot kece ini terkenal karena kerennya ombak yang menghantam tebing. Di lokasi ini pula, para wisatawan biasanya menanti matahari terbenam indah.

Ombak di Devil's Tear.
Matahari terbenam di Devil's Tear. (NET/Halimah)

Bagi saya, Nusa Lembongan bisa jadi alternatif kalau ingin melepas penat dari hiruk pikuk keramaian lokasi wisata popular di Bali. Udara segar serta keramahan khas warganya bikin kamu betah. Ditambah lagi, rata-rata fasilitas kece yang ada di sini harganya lebih murah dibanding lokasi wisata mainstream!

HALIMAH TUSADIAH

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments