hero
Atlet Indonesia meraih medali emas. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

31 Agustus 2017, 19:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta maaf atas prestasi kontingen Indonesia di SEA Games 2017. Indonesia hanya mampu mendulang 38 medali emas, 63 perak dan 90 perunggu. Indonesia pun duduk di peringkat lima ajang olahraga negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

"Saya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas belum tercapainya target kali ini. Sepenuhnya saya bertanggung jawab, sebagai pembantu Presiden tentu akan saya laporkan dan pertanggungjawabkan kepada Presiden," kata Imam di kantornya seperti dilansir laman resmi Kemenpora, Rabu, 31 Agustus 2017.

Menpora Imam Nahrawi. (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Perolehan medali Indonesia di bawah target yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni 55 emas. Target memperbaiki peringkat pada SEA Games sebelumnya juga tidak tercapai. Kali ini, Indonesia berada di bawah Singapura, Vietnam, Thailand, dan Malaysia sebagai juara umum.

Imam menyatakan akan mengevaluasi seluruh unit-unit terkait yang berhubungan dengan prestasi olahraga Indonesia.

"Kami akan mengambil alih secara langsung proses pembinaan atlet dan mengevaluasi seluruh stakeholder, baik internal Kemenpora, KOI, Satlak PRIMA untuk bersama-sama fokus tugas masing-masing demi keberhasilan prestasi di Asian Games nanti, serta even-even selanjutnya," tambah dia.

Judoka Indonesia Iksan Apriyadi mencium bendera Merah-Putih. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Imam juga megapresiasi kontingen Indonesia atas perjuangannya di SEA Games 2017. Imam berterima kasih atas dedikasi, pengorbanan, dan perjuangan para atlet untuk menghadirkan prestasi.

"Saya memahami sepenuhnya, tak terhitung berapa lama waktu dan tenaga yang sudah dikorbankan untuk terus secara disiplin menempa diri dalam latihan-latihan keras  penuh keringat dan air mata untuk mencapai satu keinginan melihat tegaknya merah putih," kata Imam.

Lifter Indonesia Deni meraih medali emas. (ANTARA/Wahyu Putro A)

Setelah SEA Games, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Kemenpora berjanji akan melakukan segala cara untuk meningkatkan prestasi olahraga Tanah Air.

Kemenpora akan mengirim para atlet ke luar negeri  atlet untuk mendongkrak performa. Latihan-latihan yang lebih banyak diharapkan dapat mendulang prestasi menggembirakan di Asian Games 2018.

Peringkat medali SEA Games 2017. (screencaptured kualalumpur2017.com)

KEMENPORA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments