hero
Tiga tersangka penipuan dan penggelapan First Travel. (NET/Mayfree Syari)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

22 Agustus 2017, 19:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

First Travel memberangkatkan umrah sejumlah artis untuk mempromosikan perusahaannya. Direktur Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri Brigadir Jenderal Herry Rudolf Nahak mengatakan, promosi umrah murah dengan memanfaatkan artis itu adalah modus penipuan yang dilakukan bos First Travel.

"Menurut mereka promo, tapi bagi kami itu salah satu bagian dari modus penipuan," kata Herry di kantor Bareskrim Polri, Selasa, 22 Agustus 2017.

Andika Surachman (tengah) saat gelar perkara kasus penipuan PT First Travel di Bareskrim Polri. (ANTARA/Reno Esnir)

Herry menjelaskan, beberapa artis itu kerap tampil di sejumlah media mengiklankan umrah First Travel. "Jadi promo dilakukan dengan memberangkatkan artis kemudian ditayangkan di media, seolah First Travel bisa begitu hebatnya memberangkatkan artis," ujar dia.

Herry menjelaskan, promosi dengan memberangkatkan artis itu merupakan strategi untuk menggaet calon jemaah agar mengikuti umrah murah First Travel. "Tujuannya untuk bisa menarik nasabah jemaah sebanyak-banyaknya, sehingga dia bisa terima uang lebih banyak lagi," kata Herry.

Screen captured Instagram Syahrini soal perjalanan umrahnya bersama First Travel. (INSTAGRAM/princesssyahrini)

Sejumlah artis disebut-sebut pernah umrah sekaligus mempromosikan First Travel. Di antaranya penyanyi Syahrini dan Ria Irawan. Syahrini bahkan pernah mengunggah perjalanan umrah dengan First Travel pada Maret 2017 lalu di akun Instagram-nya.

First Travel menawarkan biaya umrah hanya sebesar Rp 14 juta. Sebagian besar uang yang dibayarkan calon jemaah kemudian dimanfaatkan bos First Travel Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan untuk kepentingan pribadi, bukan untuk memberangkatkan umrah para jemaah.

"Disalahgunakan untuk kepentingan sendiri, seperti dugaan pembelian rumah, mobil, saham-saham perusahaan, membiayai operasional butik yang dijalankan oleh tersangka Anniesa Hasibuan dan membeli aset berupa tanah dan bangunan," kata Herry.

Barang bukti kasus penipuan First Travel di antaranya airsoft gun, peluru dan paspor. (NET/Mayfree Syari)

BACA JUGA:
Ini Total Duit Calon Jemaah yang Diambil First Travel
Aset First Travel yang Disita, dari Rumah Hingga Airsoft Gun

Polisi telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini. Selain Andika dan Anniesa, tersangka lainnya adalah adik Anniesa, Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki Hasibuan. Ia menjabat Direktur Keuangan sekaligus Komisaris First Travel.

Andika disangkakan melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan memberikan janji memberangkatkan calon jemaah umrah. Sementara Anniesa dan Kiki disangkakan turut serta melakukan penipuan dan penggelapan.

MAYFREE SYARI 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments