hero
Sepeda motor di Jalan Sudirman, Jakarta. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

21 Agustus 2017, 16:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pemerintah mulai melakukan sosialisasi terhadap aturan baru larangan bagi sepeda motor melintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Salah satu alasan melarang sepeda motor adalah karena jalanan yang didominasi kendaraan roda dua itu.

"Kebijakan itu berdasarkan rapat forum lalu lintas angkutan jalan dengan semua instansi terkait kendaraan roda dua," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Halim Pagarra, di kantornya Senin, 21 Agustus 2017.

Larangan melintas bagi sepeda motor selama ini berlaku untuk ruas jalan MH Thamrin dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Aturan itu berlaku sepanjang hari sejak pukul 06.00 hingga 23.00 WIB.

Sepeda motor di Jalan Sudirman. (NET)

Aturan baru yang akan berlaku pada 11 Oktober 2017 itu memperluas larangan sepeda motor. Yakni mulai dari Bundaran Senayan di Jakarta Selatan hingga Medan Merdeka di Jakarta Pusat. Uji coba Jalan Sudirman dan Thamrin ini mulai 12 September 2017 hingga 10 Oktober 2017.

Menurut Halim, saat ini adalah masa sosialisasi hingga pemberlakukan uji coba nanti. "Perlu ada masa sosialisasi. Kami tidak serta merta langsung melakukan uji coba ataupun langsung pelaksanaan. Kami minta masukan masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, sejatinya, usulan larangan sepeda motor tidak hanya ruas Jalan Sudirman dan MH Thamrin tersebut, tetapi juga untuk ruas jalan S Parman dan Gatot Subroto. Yakni mulai dari perempatan Rasuna Said hingga kawasan Slipi, Jakarta Barat.

"Ada saran dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta ditambah Rasuna Said sampai Slipi. Tapi kami perlu minta masukan dan tanggapan dari masyarakat, bagaimana kalau diperluas sampai Slipi," kata Halim.

Pengendara sepeda motor ini nantinya tak boleh lagi melintas. (NET)

Perluasan larangan sepeda motor di kawasan utama ibu kota itu, kata Halim, adalah karena dominasi kendaraan roda dua di jalanan. Selain itu, juga agar masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. 

JANUAR YUDHA

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments