hero
Pangeran William dan putranya Pangeran George di pesawat. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

19 Agustus 2017, 09:45 WIB

INGGRIS

Walau terbang ke tujuan yang sama, Pangeran William sejatinya tidak boleh berada dalam satu pesawat bersama anak-anaknya atau keturunan kerajaan lainnya. Hal itu merupakan aturan yang berlaku dalam Kerajaan Inggris selama ini.

Protokol ini berlaku karena dulu pada awalnya berpergian dengan transportasi udara belum terlalu aman. Karena itu seorang raja, dengan pangeran, dan keturunannya tidak boleh terbang bersama. Alasannya jika terjadi sesuatu dengan orang tuanya, keturunan mereka tetap terjaga.

Ratu Elizabeth tidak pernah melakukan penerbangan dalam satu pesawat bersama anak-anaknya dan keturunannya. Biasanya antara mereka dititipkan di pemerintahan, atau tidak ikut perjalanan sekaligus. Peraturan ini terus dilakukan secara turun-temurun.

Keluarga Kerajaan Inggris. (REUTERS)

Namun beberapa bulan belakangan Pangeran William mendobrak protokol ini. Dimulai ketika ia terbang bersama anaknya Pangeran George ke Australia, tahun 2014 silam. Bahkan hal itu kembali berulang dilakukan. 

Terakhir ia terbang satu pesawat bersama Pangeran George dan Putri Charlotte, dalam perjalanannya menuju Warsaw, Poland, untuk jalan-jalan tiga hari di bulan Juli lalu. "Ketika tidak ada aturan baku untuk itu, berarti omongan Ratu lah yang berlaku," kata juru bicara kerajaan.

William, Kate, dan George di Australia 2014. (REUTERS)

Ratu Elizabeth sendiri tidak pernah melarang William melakukan perjalanan satu pesawat bersama anak-anaknya. Setidaknya dari beberapa perjalanan yang sudah dilakukan, seperti ke Kanada, Jerman, dan Polandia, Ratu Elizabeth tidak berkomentar.

Keluarga Pangeran William di Warsawa, Juli 2017. (REUTERS)

Alasan protokol ini lebih kendur karena bertambahnya tingkat keamanan dalam dunia penerbangan. Selain itu, keluarga Cambridge ini memang kerap melakukan hal yang baru untuk mendorong gaya kerajaan menjadi lebih modern.

DESYTA PURI | THE SUN | HARPER BAZAAR

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments