Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri akhirnya bertemu dalam satu acara. Momen itu didapatkan pada upacara hari kemerdekaan RI ke-72 di Istana.

Yudhoyono dan Megawati bahkan duduk dalam satu deretan kursi di Istana Merdeka. Keduanya hanya dipisahkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Presiden RI ke-3 B.J Habibie.

Kedua tokoh itu juga tampak saling bersalam-salaman. Peristiwa itu terjadi usai pengibaran bendera merah putih. Sontak sorot tamu undangan yang hadir merespons hal itu.

Maklum, hubungan kedua tokoh negara itu dianggap 'tidak akur'. Musababnya, Yudhoyono merupakan Menteri Koordinator dan Keamanan di era Megawati.

Pada tahun 2004, Ketua Umum Partai Demokrat itu mencalonkan diri menjadi presiden bersaing dengan Megawati. Hasil perolehan suara Yudhoyono lebih tinggi ketimbang Megawati. 

Dari situ, Megawati selalu tidak hadir dalam upacara kemerdekaan di Istana selama Yudhoyono menjabat atau 10 tahun. Terakhir, kedua tokoh itu bertemu pada 2013. Pada saat itu, suami Megawati, Taufif Kiemas meninggal.

Yudhoyono datang untuk melayat. Yudhoyono bahkan menjadi pemimpin upacara penghormatan terakhir kepada Kiemas yang saat itu menjabat sebagai Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat.

Usai mengikuti pengibaran bendera merah putih, Yudhoyono, Megawati, dan Habibie berfoto di dalam Istana Merdeka. Dalam foto itu ada istri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, Sinta Wahid, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan Boediono.

Ini merupakan kali pertama seluruh mantan pemimpin negara yang masih hidup berkumpul dan berfoto bersama di hari kemerdekaan RI. "Alhamdulillah semuanya hadir, " kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kamis, 17 Agustus 2017.

BAMBANG ADHI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments