hero
(INSTAGRAM/ noviaswijaya)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

8 Juli 2017, 12:05 WIB

BATU, INDONESIA

Ingin menikmati suasana alam yang lagi viral di media sosial? Berwisata ke Omah Honai Jawabannya. Di sini pengunjung bisa berswafoto bersama keluarga dengan latar belakang lima rumah khas suku Papua, Rumah Honai.

Rumah adat Papua dipilih karena keunikannya. Dibangun menggunakan kayu dan jerami untuk bagian atapnya. Sesuai dengan prinsipnya back to nature, bangunan ini tidak menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari besi dan plastik.

Tempat wisata milik perhutani ini terdapat di Goa Pinus. Rumah-rumah berdiameter 2,5 meteri ini bukan untuk penginapan,melainkan hanya dapat digunakan untuk area foto pengunjung.

Meski baru bulan Mei 2017 lalu diresmikan, namun angka kunjungan per harinya cukup tinggi, yakni 300 orang. Tiket masuknya cukup murah Rp 10.000 per orang. Rata-rata pengunjung yang datang mendapat informasi tentang Rumah Honai ini dari media sosial.

 “Taunya dari internet, terus coba browsing. Untuk menuju ke sini dibantu google map . Tempatnya bagus dan unik karena ada Rumah Papua untuk selfi . Selain itu, pemandangannnya juga bagus banget,” ungkap Anastasia Venza wisatawan asal Surabaya, Jawa Timur.

Sementara itu menurut Muhammad Munir, Manajer Omah Honai, rencananya promo wisata akan lebih digencarkan dengan menambah titik swafoto. “ Kami akan membangun kafe dan spot selfi pulau terbang. Ini dilakukan untuk meningkatkan angka kunjungan,” ujar Muhammad Munir.

Kalau penasaran kamu bisa datang ke gunung Bayak, di Desa Songgokerto, Batu, Jawa Timur. Jarak ke Omah Honai dari Kota Malang memakan waktu perjalanan 15 KM. Bisa dilalui menggunakan kendaraan bermotor, namun tetap harus berhati-hati karena medan yang sempit dan terjal.

TUTUS SUGIARTO 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments