hero
Rudal Hyunmoo II milik Korea Selatan. (SCMP)

EDITOR : REZA ADITYA

6 Juli 2017, 16:00 WIB

KOREA SELATAN

Secara serentak Amerika Serikat dan Korea Selatan meluncurkan rudal jarak pendek ke perarian lepas pantai semenanjung  Korea. Peluncuran rudal itu sebagai balasan pelesatan peluru kendali Korea Utara pada Selasa kemarin.

"Pelunucuran rudal ini sebagai respons dari sikap Korea Utara," kata Komandan Komando Pasifik Amerika Serikat Laksmana Harry Harris, seperti dilansir South China Morning Post, Rabu, 5 Juli 2017 waktu setempat.

Rudal balasan AS dan Korea Selatan. (SCMP)

 

Pasukan militer AS menggunakan sistem rudal taktis milik angkatan daratnya. Sedangkan tentara Korea Selatan melesatkan rudal Hyunmoo II. Peluncuran dilakukan pada Rabu waktu setempat di pangkalan militer AS di Korea Selatan.

Harry mengatakan peluncuran rudal jarak dekat dengan Korea Selatan sebagai upaya membungkam arogansi Korea Utara. Menurut dia, kedua negara sekutu itu berharap Negeri Juche menghentikan proyek pengembangan senjatanya.

"Aliansi militer Korea Selatan dan AS tetap berkomitmen terhadap perdamaian dan kemakmuran di Semenanjung Korea," ujar Harry. "Kami juga berkomitmen membela dalam menghadapi ancaman yang sangat ketat."

Diluncurkannya rudal jarak dekat itu juga untuk mengetes kemampuan melakukan serangan dalam keadaan darurat. "Mengetes akurasi dan presisi dalam menggempur pertahanan lawan," ujar Harry.

Rudal AS dan Korsel. (SCMP)

 

Situasi di Semenanjung  Korea semakin memanas. Meningkatnya suhu di daerah itu dipicu dari arogansi Korea Utara yang hampir saban pekan meluncurkan rudal balistiknya.

Sejumlah negara, seperti Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan berembuk mencari cara membungkam Negeri Sosialis itu. Mereka meminta Cina sebagai penengah.

VOA  | SCMP

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments