hero
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

30 Juni 2017, 12:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan membentuk tim pengawas untuk memonitor pendatang baru yang mengadu nasib di ibu kota. Tim itu nantinya akan ditempatkan di setiap kelurahan hingga H+20 pasca-Lebaran.

"Kebijakan itu terus setiap tahun kami lakukan, yakni melakukan bina kependudukan," kata Djarot, di Monumen Nasional, Jumat, 30 Juni 2017. "Karena kami harus mengidentifikasi siapa pun yang datang ke Jakarta."

Arus balik pemudik tiba di Stasiun Senen pada Rabu, 28 Juni 2017. (ANTARA)

 

Di setiap kelurahan, kata Djarot, akan ada dua petugas yang misinya adalah melakukan pendataan ke rumah-rumah. "Dari dinas kependudukan dan catatan sipil, ditambah dengan rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW)."

Jika dalam pengawasan itu ditemukan ada yang tak memiliki identitas dan juga tak memiliki tujuan pasti hidup di ibu kota, Djarot tak segan akan memulangkan orang itu ke daerah asalnya. Opsi lainnya, memindahkannya ke panti sosial.

"Saya sudah perintahkan kalau ada misalnya, datang ke Jakarta kemudian tinggal di jalan, di kolong jembatan, saya sudah perintahkan untuk segera ditertibkan," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Puncak arus balik di gerbang tol Cipali Palimanan pada Kamis, 29 Juni 2017 malam. (ANTARA)

 

Puncak arus balik Lebaran diprediksi terus berlangsung pada pekan ini. Jutaan warga ibu kota pulang kampung mengunjuk sanak familinya di berbagai daerah.

Usai mudik, tak jarang dari mereka membawa anggota keluarganya mengadu nasib di Jakarta. Djarot sebelumnya mengimbau para pendatang tak asal modal nekat ketika memutuskan mengais rezeki di ibu kota.

NABILLA PUTERI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments