hero
Kim Jong Un di Gunung Paektu. (DAILY MAIL)

EDITOR : TITO SIANIPAR

28 Juni 2017, 08:10 WIB

KOREA UTARA

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dikenal sebagai kepala negara yang paling tertutup. Dia yang berkuasa setelah kematian ayahnya Kim Jong-il di tahun 2011 itu, kini menjadi buah bibir pasca meluncurkan 10 rudal sepanjang tahun 2017.

Beberapa rudal tersebut mendekati beberapa negara lain, termasuk mendarat 186 mil di lepas pantai Jepang. Rudal balistik antarbenua Korea Utara (ICBM) yang diklaim bisa mencapai Alaska, membuat Kim bersitegang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Tidak banyak kehidupan pribadinya yang terekspos ke publik. Sedikit yang terungkap bahwa pria kelahiran 1983 ini memiliki selera mewah dan serba boros. "Juga sangat sedikit informasi soal istri dan anaknya," tulis laman berita Newsweek, Senin, 26 Juni 2017.

Jong Un mengamati peluncuran roket, Mei 2017. (REUTERS)

Kepala negara termuda di dunia ini tinggal di istana Ryongsang di Pyongyang. Penduduk setempat menjuluki istana seluas 12 kilometer persegi itu sebagai "pusat kemewahan". Istana tersebut memiliki kolam renang, fasilitas mewah jamuan tamu, lapangan atletik, menembak, serta istal kuda.

Pria penggemar basket ini juga punya pulau pribadi dengan vila megah di pantai dekat Wonsan, lengkap dengan yacht pribadi serta jet ski. Di tempat inilah, bintang NBA Dennis Rodman menghabiskan waktunya selama sepekan pada September 2013 atas undangan Kim. 

Dennis Rodman di Bandara Pyongyang. (REUTERS)

Rodman disebut-sebut sebagai orang Amerika pertama yang masuk istana Jong Un. Rodman yang menyebut Kim sebagai teman baik tersebut menggambarkan kehidupan Kim layaknya pesta bintang tujuh. "Seperti pergi ke Hawaii dan Kim satu-satunya yang tinggal di sana," kata Rodman.

Rodman menceritakan, Kim memiliki asisten antara 50-60 orang untuk melayani semua kebutuhannya, dengan makanan dan minuman kualitas terbaik. "Dia minum koktail dan tertawa sepanjang waktu. Semua yang Anda inginkan, dia memiliki yang terbaik."

Jong Un bersama Rodman. (REUTERS)

Kim pernah menggunakan kapal pesiar mewah dalam tur 10 hari ke pantai timur. Kapal pesiar itu diproduksi oleh LVMH, grup barang mewah Prancis yang juga memproduksi merek fashion Louis Vuitton. Kapal pesiar 98MY itu diperkirakan menghabiskan biaya lebih dari 5,6 juta Poundsterling.

Gaya hidup boros Kim Jong Un tercermin saat dia membeli alkohol yang menghabiskan anggaran negara US$ 30 juta, barang elektronik seharga US$ 37 juta dan jam tangan yang harganya US$ 8,2 juta. Hobinya makan, telah membuat Kim menjadi sangat gemuk. Dampaknya, kista pernah tumbuh di pergelangan kaki yang harus diangkat melalui operasi.

Gambar terbaru Jong Un, 20 Juni 2017. (REUTERS)

Bahkan ayah satu anak ini harus mundur dari kehidupan publik karena kebanyakan makan keju Emmental dari Swiss, makanan kesukaannya. "Kim Jong Un nampaknya menikmati hidup yang mewah," kata Aiden Foster-Carter, seorang ahli Korea Utara di Universitas Leeds.

Kehidupan Kim yang boros membuat pengeluaran negara pun membengkak. Sebagai perbandingan, saat diperintah ayahnya Kim Jong il, pengeluaran negara hanya US$ 300 juta per tahun. Namun setelah Kim Jong Un menjabat, pengeluaran negara sejak 2012 naik 100 persen menjadi US$ 645,8 juta.

Jong Un di antara tentara Korea Utara. (REUTERS)

Dengan kehidupan serba glamour, Foster-Carter menyimpulkan bahwa Kim Jong Un sangat berbeda dengan ayahnya yang gila kerja. "Jadi saya membayangkan dia menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersantai daripada berada di pusat politik," pungkasnya

NEWSWEEK | TELEGRAPH | REUTERS

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments